Sukses

Tanpa Sang Empunya, Suzuki GSX-R150 Mustahil Dinyalakan

Dibanding pesaingnya, Suzuki GSX-R150 sudah mengadopsi fitur keyless ignition system.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk kelas motor sport berkapasitas 150 cc, Suzuki GSX-R150 memiliki kelebihan tersendiri dibanding pesaingnya. Motor yang dibanderol dengan harga normal, Rp 29,9 juta OTR Jakarta ini sudah mengadopsi fitur keyless ignition system.

Fitur ini untuk memudahkan pengoperasian motor, dengan dua komponen utama, yaitu remote dan anak kunci. Jadi, pemilik harus menyambungkan remote dan anak kunci untuk bisa menghidupkan motor.

"Jadi, tidak bisa menghidupkan motor tanpa remote yang dipegang si pemilik motor. Jadi, antara remote dan anak kunci harus tersambung satu sama lain," jelas Dadan Danil, Instructure Training Roda Dua PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (13/9/2017).

Lanjut Dadan, untuk menghidupkan motor tanpa remote memang masih bisa, tapi membutuhkan waktu yang sangat lama, dan melewati proses yang cukup ribet. "Selain itu, harus menggunakan PIN yang sudah terdaftar," tambahnya.

Namun, PIN untuk remote keyless Suzuki GSX-R150 ini memang bersifat rahasia, dan sebaiknya hanya pemilik motor yang tahu dan tidak memberikan informasi nomor PIN kepada orang lain.

"PIN remote ini seperti ATM, hanya pemilik motor yang tahu dan jangan diinformasikan kepada orang lain. Jadi, baca buku manual untuk pengoperasian dan PIN kunci ini," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunci Canggih

Fitur keyless ignition key membuat pemilik tak harus memakai kunci konvensional beserta lubang kuncinya. Teknologi tanpa anak kunci (keyless), alias hanya menggunakan remote.

Cara kerjanya cukup mudah, pemilik motor hanya perlu memutar pada bagian kontak, maka mesin akan menyala jika remote berada di dekat motor.

Selain itu, remote ini juga berfungsi sebagai alarm answer-back dan immobilizer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.