Sukses

Mobil-Mobil Mesin Kecil Berturbo, Tidak Kalah Kencang

Mesin mobil plus turbo disebut pertama kali diterapkan pada mesin Diesel dan perubahan terjadi pada tenaga, kadar emisi hingga perfoma.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dengan mesin kecil sengaja diciptakan karena dianggap lebih hemat bahan bakar. Namun begitu, mesin kecil dianggap tak memiliki performa mumpuni sehingga dianggap lemah, terutama saat tanjakan atau diajak ngebut.

Karena itu sejumlah pabrikan memberikan solusi pada mobil-mobil bermesin kecil agar memiliki perfoma dahsyat, yaitu menggunakan turbocharger.

Mesin mobil plus turbo disebut pertama kali diterapkan pada mesin Diesel. Setelah terasa banyak perubahan baik pada tenaga, kadar emisi hingga konsumsi bahan bakar, maka hal itu dibenamkan pula untuk mesin bensin.

Nah di Indonesia, sebenarnya banyak mobil-mobil yang telah dilengkapi turbo. Namun begitu, kali ini Liputan6.com akan merangkum daftar mobil bermesin turbo dengan kapasitas di bawah 1.500 cc.

Lantas mobil apa saja? Berikut daftarnya.

Honda CR-V, Civic Sedan dan Civic Hatchback

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen tunggal pemegang merek mobil Honda di Indonesia memang sedang keranjingan memasarkan mobil dilengkapi mesin turbo.

Pertama, mereka lahirkan All New Civic (sedan) di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Lalu di acara yang sama di tahun selanjutnya yaitu 2017, Honda melahirkan Sport Utility Vehicle (SUV) All New CR-V edisi turbo.

Belum puas, pada awal Juni 2017, Honda kembali resmi meluncurkan All New Civic tipe hatchback yang juga telah dibenamkan mesin turbo.

Disebutkan, All New Civic, All New CR-V, dan All New Civic Hatchback mengusung mesin sama, yakni 1,5 liter, 4 silinder segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW.

Yang membedakan ketiga model tersebut adalah tenaga dan torsi. Jika duo Civic ini menghasilkan 167 Tenaga kuda (Tk) pada putaran mesin 5.500 rpm dan torsi 220 Nm pada 1.700-5.500 rpm, maka untuk All New CR-V turbo yaitu 187 Tk pada 5.600 rpm dan torsi 240 Nm pada 2.000-5.000 rpm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Next

Volkswagen Golf dan Polo

Mobil Eropa asal Jerman ini juga cukup perhatian perihal tenaga dan bahan bakar. Karena itu, lahirlah Volkswagen Golf 1,4 liter lengkap dengan turbo yang menggantikan teknologi supercharger.

Meski tenaganya menurun 20 Tk dan torsi 250 Nm, VW Golf 1,4 dipadu transmisi otomatis 7 kecepatan kopling ganda, dapat tetap berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 8,4 detik.

Sedangkan sang saudara kandungnya, yaitu VW Polo 1.2 TSi (Turbo Stratified Injection) dilengkapi mesin 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan daya 105 Tk pada 5.000 rpm dan torsi 175 Nm pada 1.500 rpm.

3 dari 4 halaman

Next

Chevrolet Trax dan Chevrolet Spin Diesel

Chevrolet Trax masuk pasar Indonesia pada 2015, tepat di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Trax juga telah muncul dengan berbagai penyegaran yang terlihat dari bagian eksterior seperti lampu dan bamper.

Lebih menariknya, SUV ini juga telah menggunakan mesin Ecotec 1,4 liter lengkap dengan turbo dan dual CVCP yang mampu memuntahkan daya hingga 138 Tk pada putaran 4.900-6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada putaran 1.850-4.900 rpm.

Sementara itu, untuk Chevrolet Spin sendiri hadir mesin turbo hanya untuk jenis Diesel. Namun sedikit menengok ke belakang, penjualan Chevrolet Spin secara menyeluruh memang kurang bergairah di Tanah Air.

Meski sempat diproduksi lokal yaitu di Pondok Ungu, Bekasi, mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang satu ini harus dihentikan dan dialihkan ke India, karena dianggap kurang menguntungkan.

Kendati begitu, Spin memiliki varian mesin Diesel dan dilengkapi turbo yang merupakan terobosan di kelas Low MPV.

Untuk Spin Diesel, hadir dengan mesin 1,3 liter yang mampu menghasilkan daya hingga 73 Tk pada 4.000 rpm dan torsi maksimum 190 Nm pada 1.750 rpm.

4 dari 4 halaman

Next

Ford Fiesta Ecoboost

Mobil hatchback asal Amerika Serikat ini dikenal sebagai paling inovatif karena mesin Ecoboost-nya. Tak heran, beberapa tahun belakangan mesin Ecoboost mendapatkan penghargaan mesin terbaik.

Bagaimana tidak, mesin 3 silinder ditambah 1.0 liter ini mampu menghasilkan performa cukup tangguh. Mesin Ecoboost diklaim mampu meningkatkan efektivitas pembakaran BBM hingga 20 persen lebih irit dan rendah emisi sehingga lebih ramah lingkungan.

Karena itu, Ford menerapkan mesin Ecoboost pada Fiesta. Secara detail, Fiesta Ecoboost dilengkapi mesin jenis Duratec, 3 silinder DOHC (inline) berkapasits 998 cc yang mampu menyemburkan daya 123 Tk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi sebesar 170 Nm pada 4.500 rpm.

Daihatsu Copen

Mobil ini memang sangat mungil. Bayangkan saja dimesinnya hanya 3.395 mm untuk panjang, lebar 1.475 mm, tinggi 1.280 mm dan bobotnya sekitar 850 Kg. Meski kecil, mobil ini terlihat sangat unik dan sporty.

Namun tahukah Anda, Daihatsu Copen yang hanya mengusung mesin 658 cc ini ternyata bisa ngebut berkat tambahan turbo sehingga mampu menghasilkan daya 63 Tk pada 6.400 rpm.

Mesin tersebut diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 11,7 detik dan mampu dipacu dengan kecepatan penuh diangka 170 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.