Sukses

Pilihan Warna Mobil Berdasarkan Gender

Apa warna mobil yang disukai laki-laki? Apa juga yang disukai perempuan?

Liputan6.com, Jakarta - Apa warna mobil yang disukai laki-laki? Apa juga yang disukai perempuan? Riset dari portal jual beli mobil, I See Cars, menjawab itu.

Dalam studi yang dilansir Auto Remarketing, dikutip Kamis (24/8/2017), disebutkan bahwa laki-laki lebih suka mobil berwarna kuning (33,9 persen) dan oranye (32,6 persen). Sementara perempuan paling suka warna hijau toska (19 persen). Semuanya tergolong warna yang "mencolok".

Menariknya, warna kuning meningkat cukup pesat tahun ini. Dibanding tahun lalu, ada peningkatan pemilih hingga 63,8 persen terhadap warna ini. Sementara oranye naik 41,7 persen. Tahun lalu sendiri oranye menempati posisi pertama sebagai warna mobil favorit laki-laki.

Menurut I See Cars, peningkatan pangsa pasar convertible (atapnya bisa dilipat) berkelir kuning dapat menjelaskan kenapa banyak laki-laki suka warna kuning. 11,8 persen dari convertible berwarna kuning.

"Ada hal menarik antara warna mobil dan hubungannya dengan gender. laki-laki lebih memilih membeli mobil sport dan pikap dibanding perempuan. Dan pada segmen tersebut warna kuning dan oranye lah yang paling disukai," terang bos iSeeCars, Phong Ly.

"Perempuan justru menggemari SUV dan minivan dengan warna hijau toska dan warna emas," sambung Phong.

Hasil riset ini diolah berdasarkan survei kepada hampir 700 ribu konsumen, serta analisa dari 30 juta transaksi yang ada di database mereka. Untuk yang terakhir, I See Cars mengatakan bahwa mereka tahu kalau seseorang laki-laki atau perempuan berdasarkan nama depan.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Riset Pertama

Ini bukanlah riset pertama yang meneliti warna mobil. Januari lalu, PPG, perusahaan multinasional cat dan fiberglass, juga melakukan riset yang sama.

Dari riset itu, diketahui bahwa sepanjang 2016, warna mobil yang paling disuka adalah putih. 38 persen mobil yang terjual tahun lalu berwarna putih.

38 persen mobil yang terjual tahun lalu berwarna putih. Sementara posisi tiga dan empat diisi oleh perak dan abu-abu, dengan persentase masing-masing 12 dan 10 persen. Warna alami seperti emas, kuning, oranye, dan cokelat, tak mampu menembus persentase dua digit.

Lebih lanjut, PPG menyebut mobil berwarna putih paling banyak ditemukan di kawasan Asia Pasifik (termasuk di dalamnya Indonesia). 47 persen kendaraan yang terjual tahun lalu berwarna putih. Sementara di Eropa warna putih juga mendominasi, tapi hanya 33 persen.

Meski hasil ini sangat jelas, tetapi Jane Harrington, PPG Manager, Color Styling, Automotive Original Equipment Manufacturer (OEM) Coatings, tetap mengingatkan bahwa warna lain mungkin lebih dipilih ketimbang putih di beberapa wilayah.

"Silver adalah warna populer untuk kendaraan kompak di Amerika Utara. Sementara hitam lebih disukai untuk mobil sport," ujar Harrington.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.