Sukses

Jangan Kaget, Truk Ini Akan Gentayangan

Tesla merencanakan pengujian semi-truk otonomnya.

Liputan6.com, Nevada Tesla sedang merencanakan untuk menguji semi-truk otonom tanpa menggunakan pengemudi sama sekali, dilansir Carscoops. Surat elektronik antara Tesla dan Nevada Department of Motor Vehicles (DMV) menunjukkan semi-truk milik Tesla nantinya sanggup bergerak dalam rombongan.

Teknologi ini dipercaya dapat mengurangi angka kecelakaan. Selain itu, mengirimkan gerombolan truk tidak membutuhkan banyak pengemudi. Pasalnya, truk-truk akan secara otomatis mengikuti arah pergi truk yang memimpin perjalanan.

Elon Musk, CEO Tesla mengumumkan semi-truk miliknya sebagai second master plan pada tahun lalu. Rencananya semi-truk tersebut akan diperkenalkan pada September mendatang, namun sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari Tesla mengenai kemampuan berkendara secara otonom.

Dalam surat elektronik antara Nasser Zamani dari Tesla dan April Sanborn dari Nevada, Tesla akan menguji prototipe di Nevada dan California.

"Untuk memastikan kita berada di halaman yang sama, tujuan utama kami adalah mengoperasikan prototipe truk dengan mengindahkan peraturan di Nevada dan California secara bergerombol maupun menggunakan mode otonom tanpa ada pengemudi," ungkap Zamani dalam keterangan tertulis.

Sampai saat ini Tesla merupakan salah satu perusahaan yang menggarap teknologi otonom. Hanya saja, sampai saat ini Tesla belum mengajukan lisensi untuk melakukan pengujian otonom untuk truk miliknya.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.