Sukses

Bajaj Jalin Kerjasama dengan Triumph, Bikin Motor Baru?

Bajaj, pabrikan asal India yang memproduksi Pulsar dan KTM, mengumumkan kerjasama global dengan merek sepeda motor dari Inggris, Triumph.

Liputan6.com, Pune - Bajaj, pabrikan asal India yang memproduksi Pulsar dan KTM, mengumumkan kerjasama global dengan merek sepeda motor dari Inggris, Triumph, Selasa (8/8/2017) kemarin.

Dikatakan bahwa kerjasama ini bersifat non-ekuitas. Dalam dunia bisnis, ini merujuk kepada aliansi strategis dua perusahaan atau lebih yang memiliki hubungan kontraktual untuk menggunakan sebagian sumber dayanya tanpa berbagi ekuitas (modal) dalam rangka meningkatkan keunggulan masing-masing.

"Tujuan dari kerjasama non-ekuitas ini adalah untuk memberikan sepeda motor bermesin menengah yang punya keunggulan dari masing-masing perusahaan," tulis pernyataan resmi mereka, dikutip dari India Times, Rabu (9/8/2017).

Dari sudut pandang Triumph, kerjasama ini sangat menguntungkan. Bajaj adalah eksportir sepeda motor terbesar di India, yang notabene juga merupakan salah satu pasar motor paling besar di dunia. Bajaj akan membantu Triumph mencapai volume penjualan sampai 200 ribu unit.

Sebelum kerjasama ini Triumph hanya mampu menembus angka penjualan 65 ribu unit.

Sementara bagi Bajaj, nampaknya aliansi ini jadi alat untuk melengkapi line up mereka yang ada di bawah naungan perusahaan induk. Menurut mereka, masih ada yang kurang dari jajaran merek tersebut.

"Ada dunia berkendara santai atau berkendara malas-malasan. Dunia itu milik Harley-Davidson, dan Indian. Sementara Triumph --segmen ini yang sejauh ini hilang dari puzzle kami," tulis Bajaj.

Tidak disebutkan bidang apa lagi yang akan dikelola bersama, selain pengembangan motor dan saling membantu dalam hal penjualan.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.