Sukses

Menjajal Kecanggihan Parkir Otomatis Mercedes-Benz E-Class

Salah satu fitur unggulan di Mercedes-Benz E-Class terbaru adanya fitur parkir otomatis.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur unggulan di Mercedes-Benz E-Class terbaru yaitu adanya fitur parkir otomatis. Fitur canggih ini memungkinkan mobil mencari tempat parkir sendiri, dan menyelesaikan parkirnya di tempat yang sudah ditentukan, baik secara paralel atau seri.

Dalam sesi test drive mobil mewah berbanderol Rp 1,129 miliar dan Rp 1,329 miliar (off the road) ini beberapa waktu lalu, Liputan6.com mendapatkan kesempatan mencoba fitur canggih tersebut.

"Fitur ini bisa kita klaim 99,9 persen autonomous, dan mobil bisa bergerak sendiri," jelas Yudi Lesmana, Product Manager PT Mercedes-benz Distribusi Indonesia (MBDI), saat berbincang dengan Liputan6.com di Bandung, beberapa waktu lalu.



Untuk mengaktifkan fitur parkir otomatis ini, pengemudi tinggal menekan tombol P dengan kamera di konsol tengah. Setelah layar berubah, dan sensor parkir sudah aktif, pengemudi harus berjalan pelan melewati area parkir.

Jika ada lahan yang dianggap pas untuk parkir, baik paralel atau seri, maka akan berbunyi 'bip'. Setelah itu, ada pemberitahuan dan pengemudi tinggal mengonfirmasi jika ingin mengaktifkan parkir otomatis.

Setelah itu tinggal mengikuti perintah, dan pengemudi harus memindahkan tuas transmisi dari D menjadi R. Setelah itu layar berubah menjadi hijau, menandakan sistem parkir otomatis sudah bekerja, dan silakan angkat kaki dari pedal gas dan rem, lalu lepaskan tangan dari setir.

Mobil akan melakukan parkir secara otomatis dengan sempurna. Setelah selesai parkir dan warna layar sudah berubah menjadi oranye, maka mobil akan kembali manual. Ketika mobil didiamkan beberapa detik, maka transmisi otomatis berubah menjadi P.

Untuk keluar parkir, langkah yang dilakukan punsama. Namun, saat keluar kaki tetap berada dekat pedal rem, untuk mengantisipasi orang atau hal lainnya melintas secara tiba-tiba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.