Ikut Prancis, Inggris Larang Penjualan Mobil Bensin dan Diesel

Oleh Arief Aszhari pada 26 Jul 2017, 17:10 WIB
Diperbarui 26 Jul 2017, 17:10 WIB
Inggris larang penjualan mobil bensin dan diesel pada 2040 (Foto:Carscoop)
Perbesar
Inggris larang penjualan mobil bensin dan diesel pada 2040 (Foto:Carscoop)

Liputan6.com, Jakarta - Mengikuti jejak Prancis, Inggris juga bakal melarang penjualan mobil bertenaga bensin dan Diesel pada 2040. Hal ini untuk terus menekan polusi udara yang semakin parah, di berbagai belahan dunia termasuk Negeri Ratu Elizabeth.

Dilaporkan Guardian, Rabu (26/7/2017), rencana yang akan dirilis sebelum akkhir bulan ini, menurut juru bicara pemerintah bakal membantu mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan kualitas udara di Inggris.

"Kualitas udara yang buruk adalah risiko lingkungan terbesar terhadap kesehatan masyarakat Inggris, dan pemerintah bertekad untuk mengambil tindakan yang kuat dalam waktu sesingkat mungkin," kata seorang juru bicara pemerintah Inggris, seperti dilansir Carscoops.

Sebelum melakukan larangan langsung, pemerintah Inggris juga akan menerapkan sejumlah langkah lain, termasuk mengganti bus dan transportasi umum dengan mesin ramah lingkungan.

Rencana lain juga dukungan untuk T-Charge London kepada kendaraan tertua dan paling berpolusi. Namun, hal tersebut masih jadi sebatas wacana.

Sebelumnya, Prancis juga telah mengumumkan untuk melarang penjualan mobil konvensional pada 2040. Selama 20 tahun ke depan, pemerintah Prancis menginginkan transisi yang menyeluruh untuk mobilitas listrik.

Simak Video Menarik Berikut Ini: