Sukses

Salah Kaprah Pakai Obat Sakit Kepala untuk Sembuhkan Aki Soak

Apa benar aki kendaraan bisa "disembuhkan" dengan obat sakit kepala?

Liputan6.com, Jakarta - Sejak beberapa tahun lalu, di beragam forum online, banyak yang membicarakan soal kegunaan obat sakit kepala Bodrex untuk "menyembuhkan" aki soak.

Posting-an tersebut secara garis besar menyebutkan bahwa aki yang sudah soak, karena sel-sel di dalamnya rusak, dapat aktif kembali dan bekerja normal setelah diberi "obat".

"Reaksi antara bahan kimia yang terkandung di dalam Bodrex (seperti Propifenazon, Kafein, dan Parasetamol) dengan larutan aki bisa mereduksi oksidasi sehingga aki bisa berfungsi kembali," demikian tulis salah satu posting-an, dikutip Jumat (14/7/2017).

Adapun cara memanfaatkan obat sakit kepala tersebut adalah pertama-tama menguras semua cairan sisa. Lalu setelah itu, tuangkan air panas ke dalamnya hingga tiga sampai empat kali sampai bersih. Tahap selanjutnya adalah mengeringkan aki dengan durasi beberapa jam.

Tahap terakhir tinggal memasukkan air aki baru, dimana setiap selnya diberi satu tablet obat sakit kepala yang sudah ditumbuk halus.

Syahrudin, Advisor PT Astra Otoparts Tbk, di Shop & Drive yang ada di Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (13/7) kemarin, mengatakan bahwa trik ini tidak benar. Tidak hanya Bodrex, penggunaan obat apapun untuk aki soak tidak akan berimplikasi apapun.

"Bodrex tidak ada hubungan kimianya dengan aki. Memang kadang hanya sugesti saja dengan Bodrex aki bisa normal," ujar Syahrudin. 

Syahrudin menilai, maraknya solusi yang kerap tidak masuk di akal hanyalah bukti kalau masyarakat kita begitu "kreatif" untuk menyelesaikan beragam masalah. 

Ia menambahkan bahwa sejauh ini memang banyak yang menanyakan hal tersebut. Ia akan selalu menjawab bahwa sebetulnya kalaupun memang aki soak tidak perlu repot-repot menyiapkan obat segala. "Kalau baterainya soak kan kita cuma butuh setrum ulang saja. Selesai," tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.