Razia Zebra 2017, Ah Itu Hoax

Oleh Arief Aszhari pada 11 Jul 2017, 19:08 WIB
Diperbarui 11 Jul 2017, 19:08 WIB
Razia Lalu Lintas
Perbesar
Hati-hati informasi bohong razia lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran berita hoax alias bohong sangat marak di media sosial, atau di pesan elektronik seperti Whatsapp dan Blackberry Messenger (BBM). Apapun berita bohong disebar, termasuk pesan razia lalu lintas yang dilakukan pihak kepolisian.

Seperti baru-baru ini, beredar kabar mengenai razia Zebra 2017 oleh kepolisian Daerah Ibukota Jakarta, termasuk Polres Tangerang Selatan. Dalam broadcast tersebut, lengkap diinformasikan jam dan lokasi razia, baik di Jakarta dan Tangerang Selatan.

Menanggapi hal tersebut, Kasubdit Bin Gakkum Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto menyatakan jika informasi mengenai broadcast Razia Zebra 2017 itu palsu.

"Tidak benar. Operasi Zebra biasanya dilaksanakan menjelang Operasi Lilin," tegas Budiyanto kepada Liputan6.com, melalui pesan elektronik, Selasa (11/7/2017).

Lanjut Budiyanto, jika masyarakat mendapatkan broadcast mengenai razia lalu lintas, sebaiknya dicek dahulu kebenarannya, dan tidak langsung menyebarluaskan kembali.

"Pengecekan bisa sesuai bidangnya, misal tadi masalah Operasi Zebra, bisa cek di Ditlantas Polda Metro Jaya. Masyarakat juga bisa memantau website TMC," pungkasnya.