Sukses

Razia Zebra 2017, Ah Itu Hoax

Penyebaran berita hoax alias bohong sangat marak di media sosial, atau di pesan elektronik seperti Whatsapp dan Blackberry Messenger (BBM).

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran berita hoax alias bohong sangat marak di media sosial, atau di pesan elektronik seperti Whatsapp dan Blackberry Messenger (BBM). Apapun berita bohong disebar, termasuk pesan razia lalu lintas yang dilakukan pihak kepolisian.

Seperti baru-baru ini, beredar kabar mengenai razia Zebra 2017 oleh kepolisian Daerah Ibukota Jakarta, termasuk Polres Tangerang Selatan. Dalam broadcast tersebut, lengkap diinformasikan jam dan lokasi razia, baik di Jakarta dan Tangerang Selatan.

Menanggapi hal tersebut, Kasubdit Bin Gakkum Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto menyatakan jika informasi mengenai broadcast Razia Zebra 2017 itu palsu.

"Tidak benar. Operasi Zebra biasanya dilaksanakan menjelang Operasi Lilin," tegas Budiyanto kepada Liputan6.com, melalui pesan elektronik, Selasa (11/7/2017).

Lanjut Budiyanto, jika masyarakat mendapatkan broadcast mengenai razia lalu lintas, sebaiknya dicek dahulu kebenarannya, dan tidak langsung menyebarluaskan kembali.

"Pengecekan bisa sesuai bidangnya, misal tadi masalah Operasi Zebra, bisa cek di Ditlantas Polda Metro Jaya. Masyarakat juga bisa memantau website TMC," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.