Sukses

Truk Ganas Balap Rally Dakar Hadir di Indonesia

Truk ganas untuk Rally Dakar ini dibuat Hino dan selalu mencapai finish bahkan juara.

Liputan6.com, Jakarta - Mendengar istilah Rally Dakar pasti akan terbayang ajang tersebut diikuti mobil-mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV). Namun yang pasti Rally Dakar juga diikuti oleh kendaraan berjenis truk. Tak percaya?

Kali ini PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) memboyong salah satu saksi hidup truk Rally Dakar terganas yang selalu finish dan naik podium juara.

Hal itupun disampaikan Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI saat di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Ini menjadi bukti kekuatan truk kami, yang secara terus menerus kami lakukan improvement. Inilah yang menjadi spirit Quality, Durability dan Reliability Hino truk yang kami terapkan juga di truk kami di Indonesia,” ungkap Kayanoki.

Melihat data yang ada, Hino pertama kali mengikuti Rally Dakar pada 1991 dan menjadi satu-satunya truk asal Jepang yang turut serta dalam balapan terganas ini. Artinya, hingga saat ini Hino telah hadir selama 26 tahun dalam ajang reli tahunan itu.

Ikut Rally Dakar bukan hal mudah. Sebab banyak peserta balap tak sampai garis finish karena berbagai masalah. Namun itu tidak bagi Hino. Mereka selalu mencapai garis finish.

Bahkan pada 1997, Hino berhasil menjadi juara umum untuk kategori truk serta meraih posisi dua dan tiga.

Hino juga berhasil menjuarai kategori under 10-Litre Class selama delapan tahun berturut-turut di kelas Truck Dakar Rally dari 2010-2017.

Saat ini salah satu truk terganas Hino dengan tipe 500 Series hadir di Indonesia. Truk yang dikenal dengan daya tahan kuat dan tangguh di segala medan ini rencananya akan dipajang dalam gelaran GIIAS 2017 nanti.

Truk Hino Dakar Rally didukung mesin J08C-TI (with turbo intercooler) yang mampu menyemburkan tenaga 450ps/2.700rpm untuk melahap rute yang berat selama perlombaan.

Dimana truk ini dikendarai oleh pembalap professional dan berpengalaman yaitu Yoshimasa Sugawara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.