Sukses

Daftar Mobil yang Cocok untuk Orang Tua Lanjut Usia

Consumer Report melakukan sebuah penelitian terhadap beberapa model mobil yang cocok digunakan untuk para lanjut usia.

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dipungkiri hingga saat ini para orang tua masih banyak dijumpai mengemudi mobil .

Hal ini pula yang membuat Consumer Report melakukan sebuah penelitian terhadap beberapa model mobil yang cocok digunakan untuk para lanjut usia (lansia).

Dari sekian banyak mobil yang beredar ternyata sedikitnya terdapat 25 yang masuk kriteria mobil yang cocok untuk warga senior tersebut.

Ke-25 mobil ini mendapatkan nilai yang sangat baik mulai dari uji layak jalan, keandalan, kepuasan pemilik dan keselamatan.

CR menambahkan, untuk memberikan kenyamanan setidaknya mobil yang dapat digunakan para orang tua harus memiliki fitur tambahan, seperti:

1. Akses jok depan

Ada baiknya bagian akses pintu masuk lebih rendah dari pada umumnya. Namun posisi tempat duduk tidak terlalu lebar dan terlalu tinggi, sehingga pengemudi lansia bisa mudah masuk walau keterbatasan fisik.

2. Visibilitas

Pastikan mobil dapat dikendarai oleh pengemudi yang memiliki postur tinggi, sedang atau pendek, namun tetap dapat melihat jarak pandang yang jelas ke depan.

3. Kontrol dalam kabin

Kemudahan ontrol karena yang menggunakan mobil telah berumur, maka diwajibkan segala sesuatunya mudah dibaca dan dioperasikan oleh mereka, mulai dari mengubah saluran radio, menggeser tuas transmisi, hingga pengatur AC.

4. Lampu depan

Usia yang tak lagi muda, maka penglihatan kurang sempurna. Oleh karena itu, ada baiknya penggunaan lampu depan harus lebih diperhatikan.

Mau tahu mobil-mobil apa saja yang cocok untuk orang tua, berikut daftarnya:

  1. Subaru Forester
  2. Subaru Outback
  3. KIA Soul
  4. Subaru Legacy
  5. KIA Sportage
  6. Toyota Highlander
  7. Toyota Prius V
  8. Toyota RAV4
  9. Honda Odyssey
  10. Nissan Rogue
  11. Honda Accord
  12. Ford C-Max Hybrid
  13. Hyundai Sonata
  14. Toyota Camry
  15. Subaru Crosstrek
  16. Toyota Sienta
  17. Honda CR-V
  18. Honda Pilot
  19. KIA Forte
  20. Ford Escape
  21. Toyota Corolla
  22. KIA Sorento
  23. Ford Flex
  24. Hyundai Santa Fe
  25. Hyundai Tucson

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.