Sukses

Pininfarina dan AvtoVAZ Produksi Lada Niva

Pininfarina, perusahaan desain terkemuka asal Italia dikabarkan tengah mengadakan pembicaraan dengan AvtoVAZ untuk memproduksi model mobil terbaru, Lada Niva SUV.

Liputan6.com, Turin: Pininfarina, perusahaan desain terkemuka asal Italia dikabarkan tengah mengadakan pembicaraan dengan AvtoVAZ untuk memproduksi model mobil terbaru, Lada Niva SUV. Menurut sumber yang dekat dengan proyek ini, produksi model baru ini akan diproduksi di Italia di pabrik milik Pininfarina, yang saat ini tengah memproduksi Mitsubishi Pajero Pinin SUV.

Pininfarina SpA juga sedang mempertimbangkan akuisisi merek Niva dari pemiliknya saat ini, General Motors. Untuk perkiraan volume produksi sampai saat ini belum diumumkan. Jika proyek ini sukses, sebagian besar Niva ini akan dijual di Eropa yang masih tetap merupakan merek terkenal dan muncul untuk pertama kalinya kembali sejak tahun 1970.

Pininfarina juga siap untuk mengembangkan platform dan gaya baru untuk semua mobil Lada, termasuk untuk proyek mobil model Lada Wagon dengan tujuh seat, R90. Proses produksi proyek ini mungkin akan memakan waktu satu sampai dua tahun, menurut Pininfarina. Total investasi untuk kedua proyek ini diperkirakan mencapai ratusan juta dolar.

Selain produksi Niva, Pininfarina tertarik melanjutkan produksi mobil mewah di pabrik Zil Rusia yang sebagian besar mobil-mobil akan dirancang khusus untuk para pemimpin politik Rusia. Menurut Gabrielle Misty, presiden perusahaan investasi ZAO ItalTreydInvest, mitra Rusia resmi Pininfarina, model baru ini akan berdasarkan pada platform Zil yang ada. Namun, perusahaan tidak mengesampingkan kemungkinan pengembangan platform baru.(insideline/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.