Toyota C-HR Sudah Tiba di Malaysia, Indonesia Sebentar Lagi?

Oleh Arief Aszhari pada 15 Mei 2017, 20:16 WIB
Diperbarui 15 Mei 2017, 20:16 WIB
Toyota C-HR muncul di Malaysia (Foto: Paultan)
Perbesar
Toyota C-HR muncul di Malaysia (Foto: Paultan)

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Model terbaru Toyota, C-HR, resmi diperkenalkan di Malaysia. Model terbaru dari pabrikan asal Jepang ini, digadang-gadang sebagai penantang langsung dari Honda HR-V.

Dilansir Paultan.org, Senin (15/5/2017), Toyota C-HR ini secara resmi dibawa oleh UMW Toyota. Namun, sebelum berpikir lebih jauh, crossover yang menggunakan platform TNGA ini sepertinya hanya dipajang saja, dan tidak ada rencana untuk diluncurkan di Negeri Jiran dalam waktu dekat.

Toyota C-HR memang belum diluncurkan di pasar Asia Tenggara, meskipun sudah beberapa kali terlihat diperkenalkan di beberapa pameran otomotif ASEAN.

Sementara itu, untuk pasar Indonesia, Toyota C-HR siap meluncur dalam waktu dekat. Kemungkinan besar, crossover andalan raksasa otomotif asal Jepang ini akan meluncur tahun ini, atau paling lambat tahun depan.

Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), dalam media gathering Toyota di Restaurant Suasana, Hotel Aston, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (13/4).

"Toyota C-HR secara produk kan tersedia di luar negeri, nah itu kita masih studi. Kemungkinan besar bisa tahun ini. Jadi, kalau tidak tahun ini, tahun depan lah," terang Soerjopranoto kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, jika benar Toyota menghadirkan C-HR di Indonesia, bukan berarti untuk menyaingi Honda HR-V. Padahal, jika melihat pasarnya, yaitu segmen LSUV memang tengah mengalami peningkatan yang signifikan.

Melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), untuk penjualan Honda HR-V bulan lalu saja, bisa menembus angka 13.821 unit, dengan rincian Honda HR-V 1,5 liter 11.857 unit dan 1,8 liter 1.964 unit.