Sukses

Sebab-Sebab Rem Kendaraan Jadi Blong

Di sinetron, biasanya salah satu cara tokoh jahat mencelakakan tokoh utama adalah dengan memutuskan kabel rem.

Liputan6.com, Jakarta Di sinetron, biasanya salah satu cara tokoh jahat mencelakakan tokoh utama adalah dengan memutuskan kabel rem. Namun sebetulnya, rem blong tak hanya disebabkan orang jahat. Ada faktor lain yang sifatnya lebih teknis.

Kepada Liputan6.com, Selasa (2/5/2017), Ifan, mekanik di bengkel 5 Saudara Motor, menjelaskan lebih jauh soal ini. "Penyebab rem blong banyak. Dari klep yang bocor, sampai master rem yang bermasalah," ujar Ifan.

Piston yang sudah aus misalnya, membuatnya tidak bisa lagi atau kurang maksimal dalam meneruskan tekanan hidrolik dari pedal untuk menekan kampas.

Selang minyak yang tersumbat dan minyak kotor juga bisa menyebabkan minyak rem tidak bisa mengalir. Karena minyak adalah komponen utama dalam menggerakkan kampas rem, saat ia terlalu banyak mengandung kotoran maka kerjanya tidak maksimal.

Kemudian, seal piston master silinder yang sobek bisa jadi sebab serupa. Ifan mengatakan, biasanya kasus ini terjadi karena memang materialnya sudah menurun, atau karena penggunaan minyak rem yang kualitasnya rendah.

"Banyak kejadian celaka itu karena kerusakan di master rem," ia menambahkan.

Beberapa ciri master rem sudah mulai bermasalah adalah minyak rem terlalu cepat habis, injakan pedal rem semakin turun dan harus "dikocok" agar mobil bisa berhenti, pengereman yang kurang pakem, sampai keluar asap putih dari knalpot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.