Sukses

72 Persen Pembeli Mobil di Indonesia Riset Lewat Internet

Dari suvei tersebut tercatat 73 persen pembeli mobil baru, menggunakan pencarian informasi menggunakan selular.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan perangkat seluler berbasis internet di Indonesia kini semakin mejamur. Berdasarkan penelitian Google Indonesia dan lembaga survei Taylor Nelson Sofres (TNS) Indonesia, perangkat seluler turut berperan penting dalam menentukan pembelian mobil di Indonesia.

Menurut Industry Head Google Indonesia, Amalia Fahmi, Google dan lembaga survei TNS Indonesia melakukan penelitian dengan target populasi pembeli mobil baru, dan sample dilakukan terhadap 508 koresponden, dari berbagai jenis kelamin, usia, dan wilayah.

Kata Amalia, dari suvei tersebut tercatat 73 persen pembeli mobil baru, menggunakan pencarian informasi menggunakan selular. Amalia mengatakan, dalam sehari masyarakat saat ini bisa melihat layar selular 150 kali.

“67 persen di antaranya menggunakan ‘Google search’ untuk mulai mencari informasi tentang mobil yang ingin dibeli,” ungkap Amalia saat acara Press Briefing Automoitve Insight With Toyota di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Tiga Point Pencarian Mobil di Internet

Amel mengatakan, dari penelitian tersebut, terdapat beberapa temuan penting seseorang mencari mobil baru lewat internet.

“Pembeli mobil di Indonesia, kebanyakan menginginkan mobil terbaik. Pertanyaan yang paling sering dicari 98 persen pembeli mobil di Indonesia adalah ‘apa mobil terbaik?” ujarnya.

Selain mencari mobil terbaik, sebanyak 83 persen pembeli mobil baru mencari infromasi dengan cara melihat video terlebih dahulu.

Dengan melihat tampilan secara visual, hal itu dapat mengubah pendapat konsumen tentang mobil atau produsen mobil secara positif.

“Selain itu, 93 persen pembeli mobil mencari penawaran terbaik yang bisa mereka dapat. Kemudian, 42 persennya mencari daftar harga mobil, dan 32 persen mencari tahu harga jual kembali,” ucapnya.

Setelah mencari produk yang diinginkan, setidaknya 52 persen para pembeli mobil baru tetap mencari tempat atau dealer melalui internet.

“Tetapi memutuskan untuk membeli mobil di dealer. 72 persen pelanggan yang membeli mobil di dealer mengatakan mencari informasi tentang mobil sebelum membeli di internet,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini