Tiruan Porsche Macan Kena Tilang, Masalah Perizinan?

Oleh Herdi Muhardi pada 16 Mar 2017, 11:23 WIB
Diperbarui 16 Mar 2017, 11:23 WIB
Porsche Macan Tiruan
Perbesar
Porsche Macan Tiruan ditilang polisi karena menutupi merek asli.

Liputan6.com, Jakarta Sejak meluncur pada 2014 silam, Porsche Macan menjadi salah satu mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang cukup digandrungi, di berbagai belahan dunia.

Mengusung mesin berkapasitas 2.0 liter hingga 3.6 liter, mobil ini menjadi sosok SUV mewah lima pintu yang namanya diambil dari kosakata Macan atau dalam bahasa Jawa disebut Harimau.

Keberadaan SUV asal Jerman menjadi kesempatan para pelaku bisnis di Tiongkok. Bagaimana tidak, di negeri Tirai Bambu, bak mainan, Porsche Macan ada imitasinya.

Meski China memang terkenal dengan pembuatan barang tiruan, namun hal itu bukan berarti bebas hukum. Lihat saja, seorang petugas kepolisian melakukan penilangan terhadap sebuah Porsche Macan tiruan.

Peristiwa terjadi di sebuah jalan di Liuyang, Hunan, China, bukan karena mobilnya tiruan, tetapi karena si pemilik menutupi Porsche Macan tiruan itu dengan sejumlah atribut, termasuk logo Porsche Macan asli.

Dikutip South China Morning Post, Kamis (16/3/2017), ternyata untuk mendandani mobil imitasi ini, setidaknya sang pemilik hanya mengeluarkan biaya hingga 200 yuan atau sekitar Rp 380 ribu. Polisi lantas memberikan denda sebesar hampir satu juta rupiah.

Menurut petugas kepolisian, dirinya mengaku memang dapat secara mudah memastikan mana Porsche asli dan palsu. Sebab, Posche imitasi ini diketahui merupakan sosok Zotye SR9. Di China, mobil ini harganya Rp 192 juta atau lima kali lebih murah dari versi Macan asli.

Kasus ini bukan pertama kali, sebelumnya X7 Landwind sempat membuat heboh karena mobil tersebut sangat mirip dengan Land Rover Evoque.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya