Sukses

Begini Cara Permalukan Pencuri Motor

Seorang perempuan berusia 40 tahun, dipertontonkan di hadapan publik, tangan terikat, mengalungkan papan bertulisan 'Saya Seorang Pencuri'.

Liputan6.com, Sichuan - Cara berbeda agar pelaku pencuri sepeda motor listrik jera dilakukan di Nanchong, Sichuan, China. Pasalnya, si pencuri yang tertangkap basah dipermalukan di depan umum.

Tak hanya itu, si pencuri yang diketahui seorang perempuan berusia 40 tahun, dipertontonkan di hadapan publik dengan tangan terikat dan mengalungkan papan bertulisan ‘Saya Seorang Pencuri’. Demikian dilansir Shanghaiist, Selasa, (21/2/2017).

Diketahui, peristiwa ini terjadi lantaran pelaku tertangkap tangan saat hendak mencuri skuter listrik. Tak pelak, saat kepergok, sejumlah orang langsung menangkapnya.

Mempermalukan pencuri di hadapan umum pada dasarnya telah lama dilakukan. Hanya saja, itu ditinggalkan karena adanya aturan dari ahli hukum China yang menyatakan hukuman penghinaan di hadapan publik tidak dapat dibenarkan.

Sebaliknya, hukuman bisa dilakukan setelah adanya putusan dari hakim.

Namun demikian, foto-foto mempermalukan pencuri di hadapan warga itu telah tersebar di media sosial China. Bahkan, para netizen mendukung sanksi tersebut.

"Sangat memalukan seseorang melakukan itu, saya tidak percaya bahwa pencuri adalah manusia," komentar seorang Netizen Weibo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini