3 Mobil Bermesin Diesel Paling Populer

Oleh Rio Apinino pada 12 Feb 2017, 13:03 WIB
Diperbarui 12 Feb 2017, 13:03 WIB
Toyota all new Fortuner
Perbesar
Toyota All New Fortuner yang bermesin Diesel 2,4 liter (Foto: TAM)

Liputan6.com, Jakarta - Mobil Diesel masih kalah populer dibanding mobil bermesin bensin. Hal ini dapat dengan gamblang terlihat melalui angka penjualan yang dilansir Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Meski begitu, tetap banyak pabrikan otomotif yang menyediakan varian ini. Hal ini menjadi bukti bahwa meski kalah populer, pasarnya tetap ada. Ada, misalnya, satu model yang tersedia dalam varian bensin dan Diesel.

Salah satu pabrikan besar yang sejauh ini masih enggan bermain di segmen mesin Diesel adalah Honda. Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, salah satu alasannya adalah biaya mesin Diesel lebih mahal.

Sementara pabrikan lain yang baru saja bergabung dalam kompetisi mesin Diesel adalah Suzuki. Mereka baru saja meluncurkan Ertiga varian Diesel. Bahkan bukan hanya sebatas Diesel, mesinnya ini juga dilengkapi dengan teknology hybrid.

Dilihat dari pasarnya, beberapa mobil bermesin Diesel memang ada yang bisa menembus angka puluhan ribu dalam setahun. Namun lebih banyak lagi yang tidak laris. Penjualannya mungkin hanya puluhan, bahkan ada yang tidak terjual sama sekali.

Dari pabrikan Eropa, ada BMW yang menjajakan model 520i, yang diimpor utuh dari Jerman. Mobil ini, sepanjang 11 bulan pertama tahun lalu, hanya terjual 194 unit. Model lain, Isuzu D-Max, sukses terjual 1.248 unit.

Dengan kata lain, pasar mobil Diesel hanya didominasi oleh segelintir model saja. Sementara sisanya hanya mendapat "sisa". Lantas model-model apa saja yang mendominasi itu? Diolah dari data Gaikindo, berikut tiga besar mobil Diesel itu:

2 dari 2 halaman

Next

Kijang Innova

Di posisi ketiga mobil Diesel terlaris di Indonesia ada produk dari Toyota Indonesia, all new Kijang Innova. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di publik dalam sebuah acara besar di Jakarta, November dua tahun lalu.

Sepanjang Januari hingga November 2016, all new Kijang Innova Diesel berhasil terjual sebanyak 13.739 unit. Dari empat varian yang tersedia, yang terlaris adalah Innova G AT Dsl. Varian ini terjual sebanyak 5.646 unit.

Pajero Sport

Di posisi kedua ada model "tulang punggung" Mitsubishi, Pajero Sport. SUV yang sejauh ini masih diimpor utuh dari Thailand ini diperkenalkan pada awal 2016 lalu. Tahun ini, Mitsubishi siap "melokalkan" Pajero Sport.

Pajero Sport Diesel sepanjang Januari hingga November terjual sebanyak 16.621 unit. Varian paling dominan adalah Dakar, yang terjual sebanyak 15.801 unit. Sementara sisanya, GLS dan Exceed, hanya menyumbang 700an unit.

Fortuner

Mobil Diesel terlaris di Indonesia tidak lain merupakan kompetitor terdekat Pajero Sport, Toyota Fortuner. Mobil ini diperkenalkan seminggu sebelum Pajero Sport, dan hadir dengan perubahan total, baik eksterior maupun interior.

All new Fortuner Diesel, pada periode yang sama, berhasil terjual sebanyak 24.959 unit. Dari lima varian yang tersedia, VRZ AT Dsl adalah yang terlaris, ia berhasil membukukan angka penjualan sebanyak 19.950 unit.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait