Sukses

Ban Eco Dunlop Pakai Banyak Silika, Apa Untungnya?

Ban merupakan satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Liputan6.com, Sentul - Ban merupakan satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Perannya tentu sangat penting karena menentukan kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Dewasa ini produsen ban berinovasi dengan menghadirkan ban ramah lingkungan. Ban ini diklaim mampu membuat mesin lebih efisien dan menghasilkan emisi gas buang lebih sedikit.

Salah satu pemain di kelas eco tire adalah Dunlop Enasave EC300+ yang bersaing dengan Bridgestone Ecopia dan GT Radial Champiro Eco. Umumnya ban ini ditujukan untuk kendaraan jenis multi purpose vehicle (MPV).

Bambang Hermanuhadi Manager Training PT Sumi Rubber Indonesia (SRI) selaku produsen ban Dunlop mengatakan, Dunlop Enasave EC300+ mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan. Salah satu keunggulannya, ban ini memiliki hambatan gulir yang rendah. Selain itu material yang digunakan turut berperan dalam hal efisiensi BBM.

"Jadi sekarang ini ada pengembangan teknologi dalam bidang perkaretan atau pembuatan compound yang mutakhir di perusahaan kami. Sebelumnya ban banyak menggunakan karbon, pada EC300+ ini silikanya lebih banyak, jadi compound sangat spesifik karena kaya dengan silika," paparnya di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/2).

Menurutnya, komposisi silika yang banyak pada sebuah compound akan menyebabkan compound itu lebih padat dari compound biasa. "Dengan lebih padat maka ketika berputar, ban akan segera berputar ketika mesin hidup dan transmisi disambungkan,"

"Sedangkan pada compound biasa yang kurang padat karetnya maka pada saat kendaraan dihidupkan, transmisi disambungkan ban tidak segera berputar jeda waktu itu yang menyebabkan hematnya konsumsi BBM," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.