Solusi Otomotif:Penyebab Bunyi `Kletek-Kletek` Saat Setir Diputar

Oleh Gesit Prayogi pada 04 Feb 2017, 06:15 WIB
Diperbarui 04 Feb 2017, 06:15 WIB
Berkendara
Perbesar
Ilustrasi setir.
Saya pengguna all new Avanza tipe E tahun 2013. Saya mau tanya mengenai mobil saya jika keadaan berhenti atau dikendarai, apabila setirnya diputar belok kanan/kiri selalu bunyi kletek-kletek. Itu kenapa ya pak Haji, sebelumnya tidak pernah begitu, apakah ada yg patah di bagian kaki-kakinya. Mohon pencerahan dan solusinya, terima kasih. -Henry-

Liputan6.com, Jakarta - Terima kasih atas pertanyaannya Pak Henry H dari Sidoarjo, Jawa Timur.

Bapak mengeluhkan all new Avanza E tahun 2013 mengeluarkan bunyi kletek-kletek ketika setir diputar ke kanan atau kiri dalam kondisi berhenti.

Perlu diketahui, saat mobil berhenti dan menggerakkan roda setir ke kiri atau ke kanan maka putaran tersebut akan diteruskan oleh beberapa komponen:

1. Roda kemudi setir
2. Shaft setir EPS ( Electric Power Steering )
3. Flexsible joint setir
4. Rack setir
5. Long tie rod yang menyambung dengan rack setir serta roda kiri dan kanan depan

Nah, dari 5 komponen di atas Pak Henry bisa rasakan apakah bunyi kletek kletek terdengar ada di dalam ruang penumpang atau bunyi kletek kletek terdengar suaranya ada di bagian luar bawah? Sambil dirasakan apakah selain timbul bunyi kletek kletek juga terasa di roda kemudi (steering wheel).

Tapi sumber suara itu bisa jadi karena flexible joint steering dan shaft steering EPS kendor. Kemudian, bisa juga steering rack-nya ada yang longgar.

Kerusakan komponen ini tentu saja harus dilakukan di bengkel resmi (beres) atau bengkel langganan Pak Henry. Semoga jawaban saya membantu pemeriksaan awal problem setir bunyi kletek kletek .

Terima Kasih

H Agus Mustafa

==

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:


Subject : SOLUSI OTOMOTIF MOBIL/MOTOR
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir Agus Mustafa pernah memperoleh juara satu National Toyota Technicians Skills Contest  dan jadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.