Sukses

Spion Rusak Bisa Diperbaiki, Ini Ongkos Servisnya?

Salah satu bagian mobil yang kerap mengalami masalah adalah spion.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu bagian mobil yang kerap mengalami masalah adalah spion. Hal ini sering terjadi saat kondisi macet, melalui jalan sempit, sehingga spion menjadi korban.

Gito, pemilik bengkel aksesoris dan parts Mega Sarana Motor mengatakan, bagian spion yang kerap rusak akibat senggolan atau benturan dengan motor atau mobil, biasanya bagian kaki-kaki atau motor penggerak.

"Biasanya, untuk model spion manual itu rusaknya hanya bagian kaki saja, rata-rata harga perbaikannya antara Rp150-200 ribuan," ujar Gito saat ditemui Liputan6.com di bengkelnya yang terletak di Pasar Mobil Kemayoran Blok D, No 17-18, Jakarta, Kamis, (2/2).

Lain halnya jika kerusakan terjadi pada spion elektrik‎, yang mengakibatkan motor penggerak atau bagian dinamo tidak berfungsi, maka biaya perbaikannya bisa mencapai Rp 400 ribuan.

"Yang lebih mahal itu banyak, tergantung tipe mobil. Salah satunya Alphard, untuk servis spion biasa seperti masalah pada kaki-kaki, harganya bisa sampai Rp1 jutaan.‎ ‎Bahkan kalau ganti semuanya itu bisa sampai Rp 3-3,5 jutaan," ucapnya.

Adapun jika kerusakan spion yakni pada bagian kaca, maka biaya yang harus dibayar antara Rp 150-500 ribuan. Tentunya murah atau mahal bagian cermin ini tergantung ukuran, model, serta merek mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini