Sukses

Lebih Murah Rp 2 juta, Paket Servis Honda Mobilio Sepi Peminat

Paket servis belum populer di kalangan konsumen otomotif Indonesia. Padahal layanan ini membuat perawatan mobil jadi lebih murah.

Liputan6.com, Denpasar Paket servis (contract service) belum populer di kalangan konsumen otomotif Indonesia. Padahal layanan ini membuat perawatan mobil jadi lebih murah. Termasuk untuk Honda Mobilio.

Seperti yang dilakukan oleh Honda Prospect Motor yang dalam meningkatkan layanan purna jualnya. Mereka membuat Paket Cermat dan Paket Cermat Plus untuk new Honda Mobilio. Sayangnya belum banyak konsumen yang tahu dan memanfaatkannya.

"Belum banyak yang pakai," ujar Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Honda Prospect Motor kepada Liputan6.com di Denpasar, Kamis (2/2/2017).

Dari keseluruhan konsumen, maksimal hanya 40 persen yang memanfaatkan layanan ini. "45 persen di antaranya konsumen dari Jakarta," ujar dia. Jonfis mengakui program ini belum dipromosikan secara besar-besaran.

Sejak diperkenalkan pada 2013, hingga sekarang sudah ada 161.402 unit Mobilio di tangan konsumen. Pada 2016, Mobilio mencatatkan pangsa pasar sebesar 16 persen di segmen low MPV.

HPM menawarkan paket perawatan (contract service) selama 3 tahun atau 50 ribu kilometer dengan penambahan harga Rp 3,25 juta. Bisa juga yang lebih lama, 6 tahun atau 100 ribu kilometer dengan biaya Rp 8,1 juta. Dari paket ini ada selisih sekitar Rp 2 juta ketimbang perawatan berkala Mobilio pada umumnya di bengkel resmi.

Biaya perawatan di bengkel resmi HPM mengikat dan tidak terpengaruh seandainya ada kenaikan harga onderdil ataupun jasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.