Sukses

Perang Fitur MPV Murah, Siapa yang Menang?

Di antara Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio, siapa yang punya fitur paling lengkap?

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kendaraan roda empat di Indonesia masih dikuasai oleh segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Fungsionalitas dan mampu menampung banyak orang, adalah karakter LMPV yang disukai masyarakat.

Menurut data terakhir dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dari Januari hingga November lalu segmen ini terjual 230.649 unit, sedikit turun dari periode yang sama di tahun sebelumnya, yang mencapai 242.943 unit.

Perbedaan LMPV dengan segmen lain relatif signifikan. Segmen terdekat dari LMPV adalah city car dan LCGC, yang menjual 183.530 unit. Di bawahnya ada pikap, 183.168 unit, baru kemudian LSUV dan SUV yang masing-masing terjual 67.520 dan 51.202 unit.

Tak heran jika kemudian segmen ini sangat disukai seluruh pabrikan. Mereka yang sudah "menancapkan" model di segmen ini, akan melakukan semua cara untuk bertahan, sementara yang belum, berlomba untuk masuk dengan mobil baru.

Hal ini misalnya dilakukan oleh Mitsubishi melalui mobil konsepnya yang bernama XM Concept. Mobil ini akan diproduksi massal di pabrik mereka yang ada di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, pada semester kedua tahun ini.

Sedari awal, Mitsubishi telah menargetkan angka penjualan sebanyak 60 ribu unit per tahun. Itu artinya, mereka ingin merangsek langsung di posisi kedua, di bawah Toyota Avanza yang hingga November tahun lalu penjualannya mencapai 112 ribu unit.

Jika targetnya demikian ambisius, itu artinya ada dua syarat yang harus dipenuhi XM Concept: harganya murah, dan punya segudang fitur.

Nah, sebagai gambaran saja, berikut kami ulas fitur-fitur andalan yang terdapat pada Toyota Avanza, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga varian terendah. Seharusnya, fitur-fitur ini juga tersemat pada Mitsubishi XM Concept nanti.

Sebagai catatan, perbandinga ini diperoleh melalui fitur "bandingkan" yang terdapat di laman oto.com, diakses Rabu (1/2/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Fitur keamanan

Ada empat fitur utama yang dinilai. Keempatnya adalah immobilizer, central lock, perangkat anti maling, serta alarm mobil. Ertiga varian terendah (GA/MT) punya semuanya, juga Avanza (1,3 E MT). Sementara Mobilio tidak dilengkapi central lock dan alarm.

Fitur keselamatan

Ada 12 fitur keselamatan yang terdaftar, termasuk airbag, ABS, dan front impact beam. Namun, tak ada satupun mobil yang punya semua fitur itu. Ketiganya, misalnya, sama-sama tidak dilengkapi airbag samping-depan.

Sementara fitur yang ada pada Mobilio dan Avanza, namun tidak terinstal pada Ertiga, adalah sistem pengereman ABS. Sementara semua fitur keselamatan yang ada pada Ertiga semuanya ada pada Mobilio dan Avanza.

Fitur lainnya

Yang termasuk dalam fitur lainnnya adalah fitur-fitur yang tidak masuk dalam kategori keamanan dan keselamatan. Termasuk di dalamnya fitur hiburan.

Total, ada 50 list fitur. Dari tiga LMPV itu, Mobilio berhasil mengungguli Ertiga dan Avanza dengan memiliki 35 fitur. Sementara Ertiga ada di bawahnya dengan 32. Lalu Avanza ada di posisi buncit dengan hanya mengantungi 29 fitur.

Untuk komparasi lengkapnya, silakan klik laman berikut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.