Sukses

Percantik Motor, Pilih Cat atau Stiker?

Khusus bodi, ada pilihan seperti cat (airbrush) atau stiker potong.

Liputan6.com, Jakarta - Mempercantik sepeda motor bisa dilakukan dengan beragam cara. Khusus bodi, ada pilihan seperti cat (airbrush) atau stiker potong.

Biayanya pun bermacam-macam. Tergantung dari jenis modifikasinya. Umumnya yang penggunannya lebih mudah, maka harganya lebih murah. Waktu pengubahannya juga relatif cepat.

Stiker

Penggunaan stiker umumnya lebih cepat. Pertama-tama yang dilakukan adalah memotong stiker sesuai dengan kontur bodi yang akan diaplikasikan, kemudian baru dipasang dengan bantuan hair dryer.

Abdul Mukri, pemilik toko modifikasi Laris Motor, mengatakan bahwa satu kelebihan stiker yang membuatnya banyak dipilih adalah lebih murah. "Selain itu juga lebih cepat," ujarnya, beberapa hari yang lalu.

Kelebihan lainnya adalah lebih tahan lama serta warna yang tidak mudah memudar. "Sehingga kalau misalnya sudah bosan, tinggal dilepas saja. Harganya antara ratusan ribu hingga tiga jutaan rupiah kalau pasang full bodi," tambah Abdul.

Cat

Umumnya cat bisa diterapkan bahkan hingga bagian terkecil kendaraan. Selain itu, variannya juga lebih banyak. Ada yang satu warna, gambar realis, hingga gradasi yang bisa dipilih sesukanya. Bedanya lagi, penerapannya lebih sulit.

Tetapi, perawatan cat lebih mudah. Sebagaimana motor pada umumnya, kalau kotor maka bodi tinggal dibersihkan dengan air. Tidak ada potensi cat menggelembung seperti menggunakan stiker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini