Solusi Otomotif: Ban Depan Terasa Oblak Saat Mengerem, Kenapa?

Oleh Gesit Prayogi pada 14 Jan 2017, 06:00 WIB
Diperbarui 14 Jan 2017, 06:00 WIB
Ilustrasi
Perbesar
Seorang pengguna mengeluhkan gejala ban depan seperti oblak ketika melakukan pengereman. Kenapa bisa terjadi dan apa solusinya?
Mau tanya kalo di motor saya saat direm depan di daerah antara roda dan ban seperti tidak stabil jadi seperti oblak. Itu kenapa bisa terjadi, adakah komponen yang harus diganti? -Ahmad Ilham-

Liputan6.com, Jakarta - Dear Kang Ilham,

Bagian roda depan tidak stabil pada saat dilakukan pengereman? Untuk memastikan penyebab masalah ini, maka perlu dilakukan pemeriksaan, yaitu :

  • Periksa putaran roda, jika putaran roda tidak goyang berarti kondisi velg bagus.
  • Periksa bearing roda dengan cara menahan suspensi sambil menarik/menggoyangkan ban/roda, jika ada gerakan berarti kondisi beraing sudah tidak bagus (harus diganti).
  • Apabila ada terdengar bunyi saat di rem depan kemungkinan besar karena mur pengikat komstir tidak kencang sehingga ada gerakan yang berlebih. 

Demikian informasi ini saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Salam,

Venus Adha

==

Dapatkan kesempatan meraih apparel menarik dengan mengirimkan pertanyaan soal sepeda motor dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :
Nomor Telepon :
Alamat Lengkap :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan mendapat hadiah menarik dan kami tayangkan. Pertanyaan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.