Penting, Rawat Mobil Sebelum Beraktivitas Rutin

Oleh Rio Apinino pada 02 Jan 2017, 06:03 WIB
Diperbarui 02 Jan 2017, 06:03 WIB
Toyota Avanza Tidak Perlu Perawatan Harian, Asal...
Perbesar
Jika mobil ini telah dirawat sebagaimana mestinya, sebetulnya sang empunya mobil tidak perlu melakukan perawatan harian.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan tahun baru hampir selesai. Sebentar lagi para pekerja akan kembali beraktivitas seperti biasa.

Sebelum larut ke dalam rutinitas, ada baiknya terlebih dulu untuk mengecek kondisi mobil yang digunakan saat liburan yang lalu. Jangan sampai kerusakan mobil baru diketahui sesaat sebelum mobil akan digunakan untuk pergi kerja.

Lakukan pengecekan di eksterior dan interior. Cuci mobil untuk bersihkan eksterior, dan bersihkanlah sisa kotoran di interior hingga tidak bersisa. Adanya kotoran bisa menyebabkan timbulnya bau tidak sedap di kemudian hari.

Komponen penting yang perlu diperisa adalah ban. Pada bagian ini, normalkan kembali tekanan angin. Sebab biasanya, pengendara akan menambahkan tekanan angin.

Selanjutnya, periksa air pada aki, radiator, dan wiper. Ada kemungkinan air akan berkurang setelah perjalanan panjang. Periksa juga oli pada mesin dan tempat lainnya. Ada baiknya untuk langsung mengganti oli.

Kemudian, coba cek, apakah timbul suara bising di bagian mesin? Jika ya, sebaiknya segera serahkan perbaikannya pada bengkel langganan atau bengkel resmi.

Periksa juga penggerak seperti kopling, persneling, as, dan bearing roda. Dengarkan apakah muncul suara tidak normal saat mobil digerakkan. Sebab, ada potensi bagian ini juga mengalami kerusakan pasca digunakan setelah perjalanan panjang.

Terakhir, jika memang tidak memiliki waktu dan ingin praktis, Anda dapat memeriksakan kondisi mobil pasca liburan ke bengkel langganan.

Live Streaming

Powered by