Sukses

Mesin Toyota Avanza Lawas Bersuara Aneh, Kenapa Ya?

Apa yang menyebabkan munculnya suara aneh pada mesin Toyota Avanza keluaran lawas?

Liputan6.com, Jakarta - Azra, pemilik Toyota Avanza lansiran 2008 pernah mengeluhkan bahwa mobil kesayangannya mesinnya berbunyi tidak normal. Ia pun membawa kendaraannya itu ke bengkel.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Technical Support Auto2000 Agus Mustafa mengatakan, penyebab mesin bersuara tidak normal ada banyak. Misalnya, jumlah oli mesin tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan pabrik.

Untuk mengatasinya, pemilik mobil sebetulnya tak mesti selalu membawanya ke bengkel. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri. Yaitu:

1. Matikan mesin kemudian periksa jumlah oli mesinnya apakah kondisi cukup sesuai garis STD.
2. Saat membuka kap mesin, coba diperhatikan di dalam ruang mesin apakah terdapat kebocoran atau tumpahan oli (biasanya kalau ada kebocoran ruang mesin akan terlihat kotor dan basah oli).
3. Saat kendaraan meninggalkan tempat parkir coba diperiksa di lantai parkiran apakah ada tetesan oli.
4. Pastikan ada gantungan atau catatan penggantian oli mesin yang terakhir di bulan dan kilometernya.

"Langkah (1,2,3,4) di atas itu hal-hal yang bisa menyebabkan mesin kasar. Apabila jumlah oli mesin sampai habis dan penggantian oli mesinnya sering lupa, kualitas oli akan rusak. Pada akhirnya membuat komponen di dalam mesin terjadi gesekan metal dengan metal tanpa ada pelumasan yang selanjutnya mesin akan mengalami bunyi bunyi yang tidak wajar," ujarnya kepada Liputan6.com.

Jika yang timbul adalah suara semacam "cit...cit," maka menurut Mustafa hal ini disebabkan karena oli v-belt alternator atau v-belt AC kendur, atau bisa jadi juga karetnya sudah mulai keras atau getas akibat usia.

"Tipsnya bisa dicoba dengan mengolesi gemuk sedikit saja pada V-belt. Sekalian coba ditekan v-beltnya apabila kendor segera disetel ulang," tambah Mustafa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.