Lunasi Utang, FCA Bakal Lepas Maserati dan Alfa Romeo?

Oleh Rio Apinino pada 30 Des 2016, 18:30 WIB
Diperbarui 30 Des 2016, 18:30 WIB
Kantor Pusat Fiat Chrysler Merapat ke London
Perbesar
CEO meneken kesepakan sebesar US$ 4,35 miliar untuk mengambil kontrol unit dari grup Chrysler LCC AS.

Liputan6.com, London - Jelang tutup tahun, ada kabar kurang baik datang dari Maserati dan Alfa Romeo. Kedua pabrikan yang berada di bawah perusahaan induk Fiat Chrysler Automobiles (FCA) ini mungkin akan dijual.

Menurut laporan terbaru yang dirilis forbes.com, dikutip Jumat (30/12/2016), disebutkan bahwa bos FCA, Sergio Marchionne, diprediksi akan menjual aset untuk melindungi nilai saham sekaligus melunasi utang yang melilit mereka.

Utang FCA diprediksi hampir menyentuh angka US$ 7 miliar pada akhir kuartal ketiga lalu. Angka ini semakin buruk karena faktanya penjualan mereka memang kurang baik.

Fiat, misalnya, penjualannya hanya terpaku pada model 500 dan 500X saja. Sementara uang yang diperoleh dari penjualan Alfa Romeo belum menutupi modal produksi. Apalagi ada penarikan (recall) yang juga menelan biaya tinggi.

Maserati dan Alfa Romeo disebut akan mudah mendapatkan pembeli. Salah satunya adalah Volkswagen Group yang sudah lama terindikasi memang menginginkan merek tersebut.

Selain menjual merek, sejauh ini FCA telah melakukan beberapa langkah antisipasi. Misalnya, dengan berusaha masuk ke pasar crossover yang sedang berkembang. Mereka juga mengalihkan bisnis ke SUV dan truk, ketimbang sedan kecil.

Tahun ini sebetulnya FCA telah melepas satu merek, yaitu Ferrari. Sejak Januari lalu, 80 persen saham Ferrari resmi melantai di bursa saham. Sebelumnya, FCA menguasai saham pabrikan Italia itu sebesar 90 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya