Sukses

Sensor Sonar Minimalisasi Kesalahan Injak Pedal

Mereka yang kendaraannya dilengkapi ICS kesalahan menginjak pedal saat parkir turun hingga 70 persen.

Liputan6.com, Aichi - Parkir adalah salah satu aspek yang sulit dikuasai mereka yang baru belajar mengendarai mobil. Bukan hanya bagi yang baru belajar, yang sudah ahli pun terkadang melakukan kesalahan.

Salah satu kesalahan yang kerap terjadi adalah gagal memprediksi kapan harus menginjak rem atau salah menginjak pedal. Hal ini membuat bagian belakang mobil terbentur. Body lecet hingga penyok pun akhirnya tidak terhindarkan.

Dewasa ini, potensi tersebut sebetulnya sudah diantisipasi dengan beragam fitur keselamatan. Misalnya, kamera belakang dan penggunaan sonar.

Bahkan, untuk yang disebutkan terakhir mampu menurunkan angka kecelakaan lebih dari lima puluh persen. Ini adalah hasil riset yang dilakukan oleh Toyota Motor.

Mereka melakukan riset terhadap manfaat dari Intelligent Clearance Sonar (ICS), sebuah fitur keselamatan yang memanfaatkan sonar. Ada 63 ribu kendaraan yang disurvei, 42 persen di antaranya dilengkapi ICS.

Dari sana, ditemukan bahwa mereka yang kendaraannya dilengkapi ICS kesalahan menginjak pedal saat parkir turun hingga 70 persen, dan kecelakaan saat parkir mundur turun hingga 40 persen. Demikian seperti yang dikutip dari laman newstoom.toyota.co.jp, Selasa (27/12/2016).

Adapun ICS sendiri akan mengaktifkan bunyi-bunyian yang semakin cepat jika mobil semakin dekat dengan batas belakang. Jika masih bergerak juga, maka rem otomatis akan bekerja. Mobil pun akan berhenti tanpa lecet dan penyok.

Adapun fitur keselamatan ini tertanam pada model seperti Alphard, Vellfire, dan Prius, yang diluncurkan tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.