Solusi Otomotif: Mengatasi Bunyi Berdecit di Tali Kipas Avanza

Oleh Gesit Prayogi pada 24 Des 2016, 06:43 WIB
Diperbarui 24 Des 2016, 06:43 WIB
Toyota Avanza
Perbesar
-

Liputan6.com, Jakarta Avanza 1.5 S 2008, kondisi van belt masih bagus, namun setiap start mesin (pagi-siang-malam) berisik dan keluar suara bising dari tali kipasnya. Setelah 1-2 menit hilang dengan disemprot cairan, sampai kapan saya harus semprot kipasnya? Mohon solusinya, master. - Siyam- 

Terima kasih atas pertanyaannya Pak Siyam di Purwokerto

Mengenai Avanza S tahun 2008 saat awal start terdengar bunyi pada area v-belt berisik dan bising saat (pagi, siang, malam) memang terasa kurang nyaman dan kalau disemprot dengan WD bunyi bisa hilang. Berikut ada beberapa tips yang bisa di lakukan oleh Pak Siyam yaitu:

- Pemeriksaan visual kondisi v-belt yang sudah dilakukan Pak Siyam ditambahkan lagi menggunakan senter/lampu. Coba periksa pully tempat berputarnya v-belt kondisinya bagaimana (licin atau cacat ) hal ini juga bisa menimbulkan bunyi
- Setelah pemeriksaan visual tersebut coba lakukan pemeriksaan ketegangan tali kipas/V-beltnya dalam kondisi kendor atau kencang dengan menekan dengan tangan bagian atas v-belt. Kalau ditemukan kendor lakukan penyetelan ulang karena v-belt atau tali kipas yang kendor bisa menyebabkan bunyi mendecit.

Setelah langkah langkah di atas sudah dilakukan tapi masih terdengar bunyi maka v-belt harus diganti.

Kalau dilihat dari tahun pembuatannya 2008, berarti umur mobil Anda sudah delapan tahun berjalan sehingga memungkinkan perubahan material karet dari v-belt sudah berubah tidak lentur atau menjadi keras sehingga menimbulkan bunyi.

Demikian pencerahan dari saya semoga Pak Siyam dapat melakukan pemeriksaan sendiri di rumah .
Terima kasih

H Agus Mustafa
==

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000. Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir ia pernah menyabet juara 1 di ajang `National Toyota Technicians Skills Contest` dan menjadi wakil Toyota Indonesia di ajang 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.