Produksi Sienta Mendapat Perlakuan Khusus

Oleh Septian Pamungkas pada 20 Des 2016, 17:00 WIB
Diperbarui 22 Des 2016, 13:14 WIB
Toyota

Liputan6.com, Karawang - Sejak pertama kali memproduksi mobil di dalam negeri pada 1977, Toyota Indonesia selalu mengaplikasi model swing door pada kendaraannya. Itu dibuktikan mulai dari generasi pertama Kijang hingga generasi keenamnya lahir pada tahun lalu serta sejumlah model lainnya.

Sejak akhir Juli lalu, Toyota Indonesia memutuskan memproduksi model baru lewat sosok Sienta. Hadirnya Sienta memberikan warna baru karena pintu tengah model anyar ini mengadopsi sliding doors (pintu geser) seperti MPV premium, Toyota Alphard.

Nandi Julyanto, Director of Production Engineering and Karawang Plant PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, Sienta merupakan model pintu geser pertama yang mereka produksi di Indonesia.

Dalam proses produksinya, Sienta mendapat perlakuan khusus oleh teknisi yang mereka sebut sebagai Sienta Man.

"Kalau diperhatikan, ada satu orang yang didedikasikan khusus untuk Sienta. Kami menyebutnya Sienta Man. Jadi dia hanya pegang Sienta saja," katanya saat ditemui di Karawang Plant 2, Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12).

Sebelum memutuskan untuk memproduksi model pintu geser, TMMIN belajar ke Toyota Jepang untuk melihat bagaimana proses produksinya. "Kami juga datang ke Astra Daihatsu Motor, mereka kan sudah lebih dulu produksi model geser, seperti Gran Max," tambah Nandi.

Sekadar informasi, Toyota Sienta diproduksi di Karawang Plant 2 bersama beberapa model lainnya, seperti Vios, Limo, Yaris dan Etios Valco. Di sini Sienta mendominasi, jumlah produksi lebih besar dibanding model lainnya.

Menjajal Kemampuan Offroad Suzuki Jimny