Sukses

Ini Penyebab Harga Moge di Indonesia Selangit

Setiap moge yang masuk Indonesia diimpor dalam bentuk utuh.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar motor gede (moge) nasional makin ramai. Apabila dulu hanya ada segelintir merek, kini pemainnya makin beragam. 

Meski banyak produk yang ditawarkan bukan berarti harganya bakal lebih kompetitif. Inilah yang jadi halangan bagi sebagian besar orang dalam membeli moge. 

Bagaimana tidak, harga moge yang khususnya bermesin 500 cc ke atas bisa setara dengan satu unit mobil atau rumah. Lalu, sebenarnya apa yang membuat harga moge begitu mahal di sini? 

Menurut perusahaan pembiayaan, FIFGrup, ada sejumlah hal yang membuat harga moge selangit. 

Pertama, moge yang masuk Indonesia diimpor dari luar negeri dan dimasukkan dalam bentuk completely built unit (CBU). Otomatis harganya akan lebih tinggi dibandingkan bila motor dirakit di dalam negeri dan sejumlah komponennya sudah dibuat lokal. 

Pajak 
Kemudian, moge termasuk sebagai barang mewah. Konsumennya harus menanggung besaran Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 125 persen. 

Adapula pajak penghasilan atas penjualan barang mewah sebesar lima persen, serta bea masuk barang impor untuk kendaraan bermotor roda dua sebesar 50 persen. Tak ketinggalan adapula biaya ketika mendaftarkan motor untuk mendapatkan STNK. 

Kondisi inilah yang membuat distributor moge dalam negeri hanya menampilkan harga dengan status off the road. 

Selain itu, harga moge juga sangat tergantung dengan kondisi pasar uang. Bila rupiah melemah terhadap mata uang asing seperti dolar Amerika, otomatis harganya akan semakin melambung. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Perawatan
Di samping itu, pemilik moge juga perlu mengalokasikan dana yang lebih besar untuk urusan purnajual. Sebagaimana diketahui motor jenis ini tak bisa ditangani di sembarang bengkel. Suku cadangnya pun sulit ditemukan di bengkel biasa dan umumnya harganya relatif lebih mahal. 

Nah, yang membuat harga moge makin meroket apabila model tersebut masuk dalam edisi terbatas. Dalam artian, pabrikannya hanya memproduksinya secara terbatas. Bagi sebagian orang berduit, uang bukanlah suatu hambatan untuk memburu model spesial. Selain buat gaya, memiliki motor edisi terbatas juga meningkatkan pamor si pemilik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini