Sukses

Serba Serbi Motor 250 cc di Indonesia

Motor 250 cc di Indonesia, dari sport hingga adventure.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor terbagi dalam beberapa kelas berdasarkan kapasitas mesin. Salah satu kelas yang dikenal adalah motor 250 cc.

Meski segmen ini relatif masih sangat kecil dibanding motor dengan kubikasi mesin 150 cc ke bawah, namun peminatnya tetap ada. Hal ini dibuktikan dengann banyaknya pabrikan yang menjualnya, dan mempertahankannya tetap eksis.

Toshiyuki Inuma selaku Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) pada November lalu mengatakan, potensi pasar 250 cc Indonesia bisa melebihi Jepang.

Bahkan, Kawasaki sampai harus menghadirkan motor 250 cc jenis baru, adventure, bernama Versys x-250, baru-baru ini.

Meski menggunakan mesin berkubikasi sama, namun pabrikan juga memproduksi motor 250 cc dalam bentuk yang berbeda-beda. Ada yang sport, touring, dan adventure. Ketiganya punya ciri khas yang berbeda, untuk mendukung fungsi utama yang juga beda.

Motor touring misalnya, diperuntukkan bagi pengguna yang mengutamakan perjalanan di kota atau jalanan aspal. Sementara motor adventure didesain untuk dapat digunakan di `dua alam`, dari mulai jalanan aspal dan non aspal.

Untuk mendukung fungsi utamanya itu, ketiga jenis motor ini punya desain masing-masing. Misalnya, motor touring didesain untuk memberikan posisi berkendara yang lebih tegak, yang kadang tidak didapat jika menggunakan motor sport.

Wheelbase-nya juga lebih panjang, kapasitas tangki yang lebih besar, serta jarak terendah dari tanah yang dibuat lebih tinggi. Motor touring juga umumnya berdesain naked, dengan stang kemudi berukurang lurus dan memanjang.

Lain lagi dengan motor adventure. Motor ini, misalnya, punya jarak ke tanah yang paling tinggi dibanding motor lain. Bentuknya juga mirip dengan motor trail, tapi dengan ban yang bisa mendukung perjalanan di atas aspal (bukan ban tahu).

Motor mana sajakah yang masuk ke dalam kelas-kelas ini? Berikut selengkapnya:

Sport
-Honda CBR250RR
-Kawasaki Ninja 250
-Yamaha R25
-KTM RC 250cc
-Suzuki Inazuma

Urban Touring
-Kawasaki Z250SL
-Kawasaki Estrella 250
-Yamaha MT-25
-KTM Duke 250

Adventure
-Kawasaki Versys x-250

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini