Sukses

Daftar Motor Adventure di Indonesia

Berikut adalah daftar lengkap motor adventure yang ada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Jenis sepeda motor ada beragam. Yang paling jamak di Indonesia tentu saja adalah motor matik, yang, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualannya lebih dari 50 persen.

Selain matik, ada banyak lagi jenis sepeda motor. Dalam artikel ini, kami akan membahas motor adventure, terutama yang ada di Indonesia.

Apa itu motor adventure? Motor adventure, atau adventure bike, atau yang juga kerap disebut adventure tourer, pada dasarnya adalah salah satu kelas motor dual-sport. Motor dual sport sendiri adalah motor yang didesain untuk keperluan on road (aspal) tapi juga memiliki kemampuan di medan off road (jalanan tanah). Ini adalah pengembangan dari motor trail.

Dibanding motor dual-sport lain, motor ini punya karakter ramping, dan biasanya punya kubikasi besar, lebih dari 500 cc.

Selain itu, beberapa ciri lain dari motor ini adalah ia memiliki suspensi depan yang panjang, ground clearance yang tinggi, velg umumnya jari-jari, knalpot tinggi, serta tangki bahan bakar yang besar. Untuk yang terakhir, ini dipakai tidak lain untuk menunjang kegiatan berkendara jauh, melintasi jalan aspal dan non-aspal.

Memang, dilihat dari penguasaan pangsa pasarnya, segmen ini relatif kecil. Pasalnya, motor ini harganya relatif mahal, bisa mencapai ratusan juta. Meski ada pula yang di bawah Rp 100 juta, semisal Kawasaki Versys x-250 yang baru meluncur.

Misalnya, Honda CB500X, hingga Oktober lalu, penjualannya hanya menembus angka 119 unit. Ada pula motor yang tak ada daftar penjualannya, semisal Yamaha Tracer 900.

Berikut adalah daftar motor adventure berlaga di Indonesia selengkapnya:

-Triumph Tiger 800
-Ducati Hyperstrada 939
-BMW F 800 GS Adventure
-Suzuki V-Storm
-Honda CB500X
-Yamaha MT-09 Tracer
-Kawasaki Versys X-250

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini