Sukses

Tips Aman Simpan Ban Serep Daihatsu Sigra

Posisi ban serep berbeda-beda, tergantung merek dan model. Ada yang di dalam bagasi, di bagian luar pintu belakang, atau di kolong mobil.

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap mobil dilengkapi dengan ban serep. Posisinya berbeda-beda, tergantung merek dan model. Ada yang di dalam bagasi, di bagian luar pintu belakang, atau di kolong mobil.

Untuk Daihatsu Sigra, LCGC tujuh penumpang, ban serep terletak di kolong mobil belakang, yang dikaitkan dengan baut yang tembus hingga ke ruang penyimpanan. Karena posisinya itu, penyimpanan ban harus dilakukan dengan baik.

"Kalau tidak kencang, bisa bunyi, kalau didiamkan lama-lama patah, copot," ujar  Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) di Technical Training Center ADM, Sunter, Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Hal ini perlu diperhatikan sebab faktanya mengencangkan kembali baut klem cadangan yang posisinya di lantai persis di balik pintu belakang relatif lama. Perlu waktu beberapa menit untuk membuatnya benar-benar kencang.

Kalau kunci baut sudah cukup lama diputar tapi baut tak mau juga kencang, bisa jadi ujung baut yang ada di kolong mobil tidak 'nyantol'. Untuk mengatasinya, tempat ban cadangan bisa sedikit diangkat sembari baut tetap terus diputar.

Tentu ini hanya bisa dilakukan oleh dua orang. Satu orang mengencangkan baut, satu orang lagi bertugas mengangkat tempat ban cadangan.

Adapun ukuran ban cadangan Sigra sama persis dengan ban terpasang. Sama dengan seluruh model Daihatsu lain. Jadi berbeda dengan beberapa pabrikan lain di mana mereka menyiapkan ban serep yang ukurannya lebih kecil dari yang dipakai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini