Sukses

Aksesori yang Paling Sering Dicari Saat Musim Hujan

Berikut adalah beberapa aksesori yang paling sering dicari saat hujan tiba.

Liputan6.com, Bogor - Cuaca beberapa hari terakhir ini sedang tidak menentu. Di siang hari, ibu kota bisa sangat panas dengan matahari serasa persis di atas kepala. Namun sorenya hujan lebat bisa tiba-tiba datang.

Bagi pengendara motor, hal ini adalah indikasi bahwa mereka harus mempersiapkan kendaraanya sebaik mungkin. Kondisi jalan yang basah atau tergenang air harus diantisipasi dengan sepeda motor yang bekerja dengan prima.

Misalnya soal ban. Baiknya, ban yang dipakai bukan ban yang botak, dalam arti masih memiliki kembangan agar genangan air bisa dipecah dengan maksimal. Tekanan angin pun harus tepat agar grip bisa lebih baik.

Selain ban, ternyata ada pula hal lain yang tidak kalah pentingnya. Guntomo, Supervisor Andrian Motor, toko sepeda motor yang ada di Jalan Raya Bogor, mengatakan bahwa saat hujan tiba, biasanya ada beberapa produk yang lebih banyak dibeli oleh bikers ketimbang saat musim panas. Apa saja itu?

Klakson

Produk aftermarket lain yang kerap dicari saat musim hujan adalah klakson. Menurut Tomo, banyak konsumen yang ganti klakson karena klakson lama suaranya sudah tidak nyaring. Padahal saat hujan, dibutuhkan klakson yang lebih nyaring.

Harga klakson bermacam-macam, tergantung mereknya. Klakson Denso model waterproof misalnya, dibanderol dengan harga Rp 165 ribu.

Bohlam

Bohlam juga penting saat hujan. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah soal warna. "Idealnya waktu hujan itu pakai lampu warna kuning," ujar Guntomo.

Harga bohlam relatif murah. Misalnya lampu motor Osram, dibanderol Rp 35 ribu. Sementara lampu LED harganya bisa ratusan ribu.

Jas hujan

Sudah pasti jas hujan yang paling banyak dicari. Jas hujan bermanfaat untuk melindungi tubuh dan barang-barang yang dibawa saat hujan. Di pasaran, terdapat beragam jenis jas hujan, dari mulai ponco hingga yang dua set.

"Jas hujan banyak yang cari," ujar Tomo. Jas hujan dua piece lebih baik ketimbang ponco. Selain itu, baiknya pula pakai jas hujan berwarna cerah atau yang dilengkapi dengan spot light. Soal harga, jas hujan model setelan merek Rosida dibanderol Rp 180 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.