Sukses

Aksesori Motor Penting yang Harganya di Bawah Rp 100 Ribu

Berikut adalah lima aksesori penting pada sepeda motor yang harganya dibanderol mulai dari Rp 100 ribu.

Liputan6.com, Bogor - Aksesori secara sederhana adalah benda-benda yang dipakai sebagai pendukung fungsi maupun penampilan. Bentuk dan jenisnya bisa bermacam-macam, begitu pula dengan harganya.

Di dunia otomotif, aksesori merupakan barang tambahan yang berguna sebagai pelengkap. Sehingga, ada atau tidak benda ini sebetulnya tidak mempengaruhi kinerja motor, terutama bagian mesin secara signifikan.

Salah satu pusat aksesori kendaraan, terutama sepeda motor, terletak di Jalan Raya Bogor Km 44, wilayah Cibinong. Di sini barang yang dijual cukup lengkap. Selain aksesori, juga ada apparel dan pelumas.

Liputan6.com yang sempat datang ke lokasi, salah satunya Ardian Motor, Senin (21/11/2016) lalu, mencoba mendaftar aksesori apa saja yang harganya di bawah Rp 100 ribu. Namun bukan sembarang aksesori, kami mendaftar aksesori yang punya manfaat langsung pada kendaraan.

Umum diketahui, cukup banyak aksesori yang sebetulnya tidak punya manfaat lain selain mempercantik penampilan saja. Umumnya komponen seperti ini punya warna yang cukup unik, atau bentuk yang berbeda dari yang versi standar pabrikan.

Banyak aksesori yang tidak masuk ke dalam daftar, namun sebetulnya penting. Tidak masuknya aksesori ini disebabkan karena harganya yang relatif mahal. Misalnya frame slider yang berfungsi melindungi body jika motor terjatuh.

Apa saja aksesori motor penting dengan harga miring tersebut? Berikut ulasannya:

Next

Tutup pentil

Pertama, tutup pentil. Banyak yang bilang bagian ini tidak penting karena pada dasarnya ban punya mekanisme sendiri yang membuat udara tidak akan keluar.

Padahal tidak sesederhana itu. Bagian ini bisa mengantisipasi masuknya kotoran dan air yang dapat menyebabkan korosi dan bocor. Harganya? Cukup Rp 5 ribu saja.

Handle rem

Bagian motor penting lain yang kerap diganti dengan produk aftermarket adalah handle rem. Pada versi standar aksesori ini biasanya hanya terdiri dari satu warna, namun varian aftermarket-nya dijajakan dengan warna yang menarik.

Selain warna, ada pula handle rem yang menawarkan fitur adjustable alias bisa disesuaikan. Sehingga tuas rem bisa disesuaikan jaraknya. Handle rem dijual dengan harga mulai dari Rp 95 ribu, masih di bawah Rp 100 ribu.

Spion

Tidak ada yang meragukan fungsi spion. Tanpa spion, akan sulit melihat ke belakang, sehingga berkendara bisa berbahaya.

Produk aftermarket spion umumnya menawarkan bentuk yang menarik, serta warna yang berbeda dari versi standar. Harganya dibanderol mulai dari Rp 20 ribu.

Cover knalpot

Motor-motor standar keluaran pabrikan ada yang tidak dilengkapi dengan cover knalpot. Padahal aksesori ini sangat penting, yaitu untuk mencegah kaki pengendara terkena suhu panas yang dihasilkan dari proses pembuangan.

Karena fungsinya itu, cover knalpot yang baik adalah yang berbahan anti panas seperti plastik, juga yang tidak gampang meleleh. Harganya mulai dari Rp 65 ribu.

Jalu stang

Jalu stang, atau yang punya nama resmi bar end adalah aksesori lain yang tak kalah penting. Posisinya ada di ujung stang, dan berguna untuk menjaga kestabilan saat berkendara, juga untuk mengurangi getaran.

Sebagaimana produk aftermarket lain, jalu stang umumnya dijajakan dalam bentuk yang berbeda-beda, juga warna yang beragam. Harganya dibanderol mulai dari Rp 35 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini