Solusi Otomotif: Lampu Kampu Avanza Veloz Terbakar, Kenapa Ya?

Oleh Gesit Prayogi pada 19 Nov 2016, 06:00 WIB
Diperbarui 19 Nov 2016, 06:00 WIB
Saya kebetulan pakai Avanza Veloz tahun 2012. Belakangan saya mengeluhkan susah membuat mobil menggunakan remot. Di mana, cuma pintu pengemudi saja yang tidak bisa dibuka sementara yang lainnya bisa. Selain itu, saya beberapa kali mengganti lampu foglamp dan selalu putus, dan terakhir itu sampai terbakar. Kira2 apa masalahnya dan solusinya? Trims -Andre-

Liputan6.com, Jakarta Dear Pak Adre,

Saya coba jawab pertanyaan tentang fog lamp (lampu kabut) dulu karena bahaya kebakaran sudah pernah dialami.

Lampu kabut dipasangkan pada Avanza Veloz adalah sebagai lampu tambahan juga sebagai tampilan mobil terlihat lebih mantab.

Lampu ini menggunakan bohlam 19 Watt sehingga sinarnya lebih redup dibandingkan lampu utama. Selain itu, kabel yang digunakan sebagai penghantar listrik juga disesuaikan dengan Watt bohlam standar pabrik.

Nah, kalau Pak Andre mengganti bohlam lampu kabut dengan yang lebih besar dari standar maka kabel penghantar listriknya akan panas, sehingga melelehkan rumah plastiknya. Sebelum meleleh sudah ada tanda-tanda dengan putusnya bohlam tersebut tapi Pak Andre belum sadar.

Bila ingin memodifikasi pada lampu kabut jangan lupa ganti kabel lampunya. Misal menggunakan lampu HID sudah ada kabel tambahannya. Kemudian sebelum melakukan modifikasi Pak Andre juga harus periksa lampu kabutnya terbuat dari plastik atau dari kaca.

Sebaiknya modifikasi dilakukan pada bengkel yang sudah ahli untuk menghindari terjadinya bahaya kebakaran.

Mengenai pertanyaan kedua mengenai door lock pintu sebelah kanan supir tidak bekerja sedangkan pintu yang lainnya normal bisa diperiksa apakah motor door lock sebelah kanan supir macet (mati).

Kondisi ini bisa terjadi akibat karat atau bisa juga kabel sumber listriknya lepas atau kendor sehingga listrik yang menuju door lock kanan depan supir jadi mati.

Memang untuk pemeriksaan door lock dan lampu kabut harus dilakukan di bengkel untuk memeriksa kelistrikan.

Semoga jawaban saya bisa membantu Pak Andre dalam periksaan awal pada kendaraan Avanza Velosnya

Terima Kasih

H Agus Mustafa

--
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000. Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir Agus Mustafa sejumlah prestasi di antaranya:
- Juara satu National Toyota Technicians Skills Contest; dan
- Jadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.