Sukses

Ini Hasil Tes Jalan 1.500 Kilometer Motor Listrik GESITS

Kecepatan maksimal yang bisa ditempuh motor listrik ini yakni 100 kilometer per jam.

Liputan6.com, Denpasar - Melakoni tes jalan sejauh 1.500 kilometer, motor listrik besutan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, GESITS akhirnya tiba Bali setelah menempuh perjalanan selama empat hari dari Jakarta.

‎Yoga Uta Nugraha‎, mahasiswa ITS yang terlibat dalam tes jalan itu menuturkan, ketiga unit GESITS tak mengalami masalah berarti. Mahasiswa semester VIII Teknik Elektro ITS itu menjelaskan, kecepatan maksimal yang bisa ditempuh motor listrik ini yakni 100 kilometer per jam.

"Tapi kami jaga kecepatannya antara 60-70 kilometer per jam. Hari pertama di Cirebon saya sempat over heading. Tapi bisa diatasi," ucap Yoga, usai diterima Menristekdikti, Gubernur Bali, DPRD Bali dan jajaran lainnya, Sabtu (12/11/2016).‎

‎Selama touring, Yoga melanjutkan, cuaca tak menentu. Mulai memasuki Tuban hingga Surabaya hujan deras menerpa. Begitu juga ketika rombongan sampai di daerah Pasuruan hingga Pasir Putih.

Namun, motor yang seluruh onderdilnya asli dalam negeri itu tak mengalami kendala apapun. "Tidak ada kendala. Menempuh perjalanan dari Jakarta ke Bali ganti baterai kira-kira 10-15 kali. Baterainya litium-ion dengan kapasitas 6 kWh. Mengisi baterainya sampai full dibutuhkan waktu 2,5-4 jam untuk jarak tempuh 70 kilometer," tutur dia.

Sementara itu, Tim Peneliti Motor GESITS, Alief Wikarta menuturkan, motor yang akan diproduksi massal itu memiliki dua tipe. "Tipe motor GESITS ini ada dua yaitu dengan kapasitas mesin 3 kWh dan 6 kWh," ujar dia.

‎Awalnya, imbuh Alief, tim khawatir dalam perjalanan dengan jarak tempuh jauh akan mengalami panas berlebih. Namun, dengan sistem pendinginan yang telah diatur masalah itu tak muncul saat perjalanan. Alief mengklaim performa GESITS sudah lain digunakan sebagai kendaraan harian.

Laporan Kotributor Liputan6.com Bali: Dewi Divianta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.