Sukses

Kisah Kelam Sedan Terlaris Toyota di Tanah Paman Sam

Meski berstatus sebagai sedan laris di dunia, bukan berarti Corolla bebas dari masalah.

Liputan6.com, Jakarta Meski berstatus sebagai sedan laris di dunia, bukan berarti Corolla bebas dari masalah. Pada 2014, Badan Keselamatan Jalan Raya dan Transportasi di AS (NHTSA) menemukan kasus menjangkiti Corolla.

Mobil dapat melaju secara tiba -tiba bahkan ketika pengemudi menginjak pedal rem kuat-kuat. Keluhan ini datang dari beberapa pengguna Corolla dari 2006 sampai 2010. Seorang pengguna bernama Ruginis dan sang suami, Bob mengalami kecelakaan setelah Corolla mereka menabrak sebuah SUV karena akselerasi tiba-tiba.

Data perekam di mobil menunjukkan, mobil melaju secara tiba-tiba kendati pedal gas tidak tersentuh dan pengemudi telah menginjak rem. NHTSA kemudian melakukan investigasi terhadap 1,7 juta unit Corolla yang diproduksi selama rentang waktu tersebut.

Pada awal 2014, Toyota mengaku bersalah karena telah menipu regulator dan konsumen terkait dengan cacat produksi tersebut. LA Times melaporkan, Toyota Amerika Serikat ketika itu setuju membayar denda hingga 1,2 miliar dolar Amerika. Saat itu jumlah tersebut paling besar untuk sebuah mobil sepanjang sejarah AS.

(rejdo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini