Solusi Otomotif: Mengatasi Honda BeAT Karburator yang Sulit Hidup

Oleh Gesit Prayogi pada 12 Nov 2016, 05:23 WIB
Diperbarui 12 Nov 2016, 05:23 WIB
Saya mau tanya kenapa Honda BeAT karburator saya sulit hidup. Apa penyebabnya? -Hayah-

Liputan6.com, Jakarta - Jawaban:

Dear Hayah,

Ada beberapa penyebab motor susah hidup, antara lain sistem bahan bakar, sistem pengapian, dan kompresi.

Untuk masalah ini perlu dilakukan pengecekan, perbaikan atau penggantian part. Apabila ditemukan kerusakan yang terjadi pada ketiga hal tersebut. Perlu diketahui, masalah pada salah satu isu di atas bisa menyebabkan motor akan sulit hidup.

Adapun cara mengatasi mesin motor susah hidup yakni:

  • Sistem Bahan Bakar

    Periksa karburator dan lihat dengan baik-baik. Bisa jadi, motor susah hidup karena karburator kotor atau banyak endapan dan jika benar kotor maka bersihkan karburator.

    Periksa tangki bensin, jika tangki bensin banyak kotoran maka bisa menjadi penyebab motor susah hidup, yang disebabkan aliran bahan bakar dari tangki ke karburator tersendat sehingga bensin tidak bisa mengalir secara normal ke karburator.

    Tak luput, periksa pula saringan bahan bakar, jika mampet bersihkan atau ganti baru.

  • Sistem Pengapian

    Cek Busi, dengan melihat percikan api pada busi, jika percikan api busi kecil akan menyebabkan mesin susah hidup. Kemudian lakukan juga pengecekan pada coil, CDI, dan spull. Pastikan sistem pengapian berfungsi baik. 

  • Kompresi mesin

    Jika tekanan kompresi rendah maka mesin akan sulit untuk dihidupkan untuk tekanan kompresi rendah bisa disebabkan karena ring piston aus, atau bisa juga terjadi kebocoran pada valve.

Demikian informasi dari saya, semoga dapat bermanfaat.

Terima kasih.

Salam,
Venus Adha

==
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.