Sukses

Rahasia Lampu Utama All New Honda Sonic

Jika dilihat, lampu utama Sonic tidak langsung menyorot ke jalanan

Liputan6.com, Tangerang - Salah satu sepeda motor andalan PT Astra Honda Motor (AHM) di kelas underbone 150 cc adalah Honda Sonic. Penantang Suzuki Satria F150 tersebut ternyata menyimpan rahasia di headlamp-nya.

Jika dilihat, lampu utama Sonic tidak langsung menyorot ke jalanan, melainkan menghadap ke bawah atau reflektor. Reflektor inilah yang kemudian memantulkan cahaya ke jalanan.

Sementara pada motor-motor lain, umumnya cayaha dari lampu diarahkan langsung ke depan, tanpa adanya pemantul terlebih dulu.

Mukti Abdulrahman Instruktur Teknis Wahana Makmur Sejati, main dealer Honda di Jakarta dan Tangerang mengatakan, penyetelan tersebut bukan tanpa sebab. Lampu tidak langsung menyorot adalah untuk mengantisipasi silau yang dirasakan oleh pengendara lain.

"Karena Sonic pakai LED, kalau menyorot langsung pasti akan mengganggu pengendara lain, makanya silau. Karena itu dipantulkan dulu ke reflektor," ujar Mukti, di dealer Wahana di kawasan Tangerang, Kamis (10/11/2016).

Menurut Mukti, lampu hasil pantulan reflektor tersebut juga diarahkan tidak terlalu jauh ke tanah/aspal. Sebab sifat cahaya dari LED dapat menyebar sehingga tetap mempertahankan unsur safety. "Kalau hujan justru dari aspal itu bisa mantul lagi cahayanya," tambahnya.

Sebagai tambahan, lampu LED kembali mendapat sorotan setelah keluh kesah sopir truk di media sosial Facebook viral. Menurutnya lampu seperti itu sangat membuat silau, mengganggu konsentrasi, bahkan bisa membahayakan keselamatan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini