Sukses

Lemtek UI Uji Konsumsi BBM Mitsubishi Mirage, Ini Hasilnya

Dalam pengujian ini ada enam Mitsubishi Mirage berbeda tipe dan transmisi yang digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) melakukan pengujian konsumsi bahan bakar new Mitsubishi Mirage dengan menggandeng Lembaga Teknologi Fakultas Teknik (Lemtek) Universitas Indonesia sebagai penguji. Dalam pengujian ini ada enam Mitsubishi Mirage berbeda tipe dan transmisi yang digunakan.

Adapun pengetesan berlangsung pada 26-27 Oktober 2016 dari kantor pusat KTB di Pulomas, Jakarta Timur, menuju Bandung dengan jarak tempuh pulang pergi sejauh 407 kilometer. Tiap mobil diisi dua penguji dengan total bobot 160 kg. Secara bergantian, penguji menerapkan teknik eco driving untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar yang irit.

Sebagai catatan, selama pengujian pendingin kabin (AC) tetap dihidupkan dengan suhu 24 derajat dan berada pada hembusan level satu. Sementara kecepatan mobil di dalam tol melaju antara 60-80 km per jam. Sedangkan di luar tol disesuaikan dengan kondisi lalu lintas.

Kondisi jalan yang dilalui beragam, mulai dari jalan perkotaan, luar kota, jalan bebas hambatan dan berbukit dalam area Jakarta, Ciawi, Puncak, Bandung, dan Purwakarta.

Adapun pengujian yang dilakukan menggunakan metode full to full. Hasilnya, konsumsi bahan bakar rata-rata new Mirage transmisi manual mencapai 24,2 km/liter sementara versi otomatis 22 km/liter.

"Dengan hasil yang didapatkan, terbukti bahwa Mirage dengan segala pengembangan terbarunya tetap berhasil mempertahankan keunggulan efisiensi bahan bakarnya," jelas Presiden Direktur KTB Hisashi Ishimaki.

Sekadar informasi, pengetesan ini bukanlah yang pertama bagi Mirage. Sebelumnya, city car andalan pabrikan tiga berlian itu telah diuji oleh lembaga yang sama pada 2012.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.