Sukses

Gesits, Motor Listrik Garapan ITS Touring Jakarta-Bali

Tiga skutik Gesits siap melakukan perjalanan panjang yang berjarak sekira 1.200 kilometer.

Liputan6.com, Jakarta - Skutik listrik hasil pengembangan Garansindo Group dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Gesits, akan melakukan pengujian jalan lewat touring bertajuk "GESITS Tour de Jawa Bali", 7-12 November 2016. Dalam touring ini, tiga skutik Gesits siap melakukan perjalanan panjang yang berjarak sekira 1.200 kilometer.

Pelepasan touring dilakukan di kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Senin (7/11/2016). Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir, perwakilan Korlantas Polri, Presiden Institut Otomotif Indonesia Made Dana Tangkas, bersama anggota dari Garansindo dan ITS, turut hadir untuk melepas skutik karya anak bangsa tersebut. 

Disebutkan, touring ini sebagai wadah pengujian untuk melihat kesiapan dan semua persyaratan sebelum Gesits diproduksi secara massal.  Adapun beberapa persyaratan pengujian yang wajib dipenuhi, seperti uji performa, pengujian jarak tempuh dan konsumsi energy, serta pengujian keselamatan.

"Kami selalu mendorong inovasi untuk kemajuan bangsa. Pasar akan merespons positif apabila kualitas dan harganya baik, kalau tidak baik dan tidak kompetitif akan menjadi masalah. Kalau sudah baik, ayo kita cintai produk dalam negeri," ujar M. Nasir.

Lebih lanjut ia menyampaikan, riset tidak cukup berhenti pada publikasi, tapi sampai hilirisasi dan komersialisasi. "Mudah-mudahan ke depan ini bisa menjadi langkah awal lahirnya produk-produk yang dihasilkan putera-putera Indonesia untuk kebangkitan Indonesia," tambahnya.

Harga
Rencananya, tahun depan skutik listrik ini mulai di produksi dan siap diluncurkan pada semester kedua. Bagaimana dengan harganya?

"Seperti rencana awal, Gesits akan dipasarkan di bawah Rp 20 juta," tutup CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah.

Sebagai informasi, Gesits mengandalkan motor listrik berdaya 5 kW dengan kecepatan maksimum hingga 100 km/jam. Kapasitas baterai sebesar 5 kW yang terisi penuh bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer dengan kecepatan rata-rata antara 60-80 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.