Sukses

Supra X 125 Tempuh Bali-Belanda, Cuma Tiga Bulan Saja

Motor ini dipilih Gerard karena spare part tersedia di manapun.

Liputan6.com, Karawang - Beberapa waktu lalu di jejaring sosial Facebook beredar foto-foto petualang asal Belanda yang berpetualang dari Bali melalui jalur darat. Pria dengan nama Gerard Elferink berkendara dari Karangasem, Bali, ke negara asalnya menggunakan Honda Supra X 125 Helm In.

Perjalanan ini ditempuh selama tiga bulan empat hari. Salah satu akun Facebook bernama Ndari Wulan yang menterjemahkan catatan perjalanan si bule itu dari bahasa Belanda menuturkan bila motor bebek ini dipilih karena ketersediaan spare part yang mudah.

"Kenapa dia pilih Honda, karena Honda sparepart-nya gampang dicari dimana-mana. Selama perjalanan cuma pernah ganti ban satu kali dan ganti rantai satu kali," tulis akun Ndari Wulan.

Pihak PT Astra Honda Motor sebagai produsen motor tersebut terkejut namun bangga karena daya tahan produknya teruji. Johannes Loman selaku Wakil Presiden Eksekutif PT AHM menjelaskan bila pria Belanda itu pulang kampung atas inisiatifnya sendiri dan pihak AHM sama sekali tidak ada campur tangan.

"Saya sangat appreciate dan saya sangat terima kasih kepada pengendara dari Belanda yang secara pribadi menggunakan motornya sampai ke Belanda. Itu menjadi pembuktian produk kita sangat andal dan harus bangga," tutur Loman, Kamis (3/11).

Perjalanan Gerard  dimulai dari Bali, Jawa, Sumatera, lantas menyeberang ke Malaysia melalui Kuala Lumpur. Namun demikian, perjalanan terputus karena penunggang motor dengan plat nomor DK 8916 SD tersebut tidak mendapat visa karena terjadi krisis di Suriah.

Akhirnya, motor bebek 125 cc ini diterbangkan dari Malaysia ke Istambul, Turki. Perjalanan darat kembali berlanjut melintasi beberapa negara Eropa Timur kemudian Austria, Jerman, dan berakhir di Belanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.