Sukses

Loyo di Sepang, Ternyata Suzuki GSX-RR Bukan buat Trek Basah

Setting elektronik pada kontrol traksi tidak bekerja maksimal saat hujan.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Suzuki menargetkan bisa naik podium dalam balapan di sisa musim 2016. Namun demikian, Suzuki gagal podium saat balapan MotoGP di Sepang, Malaysia, karena cuaca hujan.

Maverick Vinales sebagai pembalap mengaku frustasi atas payahnya performa GSX-RR di trek basah. Bagaimana tidak, tim dengan ciri khas warna biru tersebut belum menyiapkan motor dengan setting elektronik untuk mengatasi trek licin.

Vinales pun gusar kepada awak pit yang gagal menemukan setting elektronik motor dengan kecepatan serupa ketika lintasan kering dan cuaca panas. Akibatnya, Vinales hanya bisa menyelesaikan balapan di posisi keenam meskipun tiga pembalap di depan yakni Cal Crutchlow, Marc Marquez dan Andrea Iannone terjatuh, demikian dikutip Motorsport.

"Kami jelas kecewa karena dalam kondisi kering saya pikir bisa menggeber maksimal seperti di Silverstone. Kontrol traksi bergerak terlambat dan bagi saya itu tidak mungkin untuk membuka gas, pada tikungan kami benar-benar kompetitif namun saat membuka gas berubah jadi bencana," jelas Vinales.

Padahal, kinerja ban pada motor tunggangan Vinales akhir pekan lalu telah optimal. Selain itu, pengereman pada GSX-RR juga tidak ada masalah.

"Berada di belakang Hector Barbera dan Loriz Baz, saya bisa menutup jarak pengereman, tapi saat berakselerasi itu tidak mungkin. Saya membuang waktu untuk menikung pada sudut luar," ucap pembalap Spanyol ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini