Solusi Otomotif: Performa Brebet dan Boros Bensin Honda Scoopy

Oleh Gesit Prayogi pada 29 Okt 2016, 06:16 WIB
Diperbarui 29 Okt 2016, 06:16 WIB
New Honda Scoopy eSP
Perbesar
New Honda Scoopy eSP Vogue Red.
Saya mau nanya pak, saya mempunyai kendala dengan sepeda motor Scoopy saya pak. Saat berhenti dan baru digas awal dia berebet, tapi kalo sudah jalan brebetnya ilang. Selain itu konsumsi BBM motor saya juga super boros pak. Mohon solusi dan tanggapannya. -Mayang-

Liputan6.com, Jakarta Jawab:
Untuk Honda Scoopy dengan keluhan tarikan awal brebet dan bensin boros, secara umum sebelum saya memastikan Scoopy anda dengan sistem bahan bakar menggunakan karburator atau PGMFI. Perlu dilakukan pemeriksaan atau penggantian part apabila sudah mencapai batas servis sebagai berikut:

  • Saringan udara kotor
    Bersihkan saringan udara, apabila kotor akan berakibat tidak maksimal suplay udara ke ruang bakar sehingga campuran bahan bakar tidak sempurna, sehingga mesin brebet dan bensin boros.
  • Busi aus
    Periksa atau ganti busi, jika busi sudah aus akan mengakibatkan jarak renggang busi tidak standart dan hal ini akan berakibat mesin brebet dan bensin boros.
  • Jarak renggang valve (klep) tidak standar
    Jika celah klep terlalu rapat maka klep akan cepat membuka dan lama menutup, sebaliknya jika klep terlalu renggang maka klep akan lama membuka dan cepat menutup, sehingga mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna.
  • Setting putaran stasioner (rpm)
    Jika setelan putaran stasioner terlalu rendah akan berakibat tarikan gas menjadi tidak stabil dan mesin suka mati-mati.

Apabila Scoopy karburator dapat dilakukan pembersihan pada area karburator dan penyetalan idle screw dengan ukuran rpm yang standar, sedangkan Scoopy PGMFI dapat dilakukan tambahan pemeriksaan pada sensor injeksi bahan bakar maupun pada sensor EOT, kemudian pastikan standar tekanan fuel pump.

Demikian informasi ini saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.


Salam,

Venus Adha

--

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.