Sukses

Pecahkan Keramik Busi Jadi Solusi Vespa Mogok?

Saking khasnya, ada trik unik yang bisa membuat mesin kembali hidup saat mogok.

Liputan6.com, Jakarta - Vespa 2-Tak punya karakter yang khas. Saking khasnya, ada trik unik yang bisa membuat mesin kembali hidup saat mogok.

Ardiansyah, mekanik Scooter Clinic  mengatakan, trik tersebut berhubungan dengan busi. Menurut pria yang karib disapa Ade, jika masalahnya ada di busi adalah memecahkan keramik yang ada di bagian dalam busi.

"Triknya unik, yaitu memecahkan keramik yang ada di bagian dalam busi. Sehingga elektroda tengahnya terlihat jelas. Nanti dia (Vespa) bisa hidup lagi," ujar Ade kepada Liputan6.com, Rabu (26/10/2016).

Cara memecahkan keramiknya cukup mudah. Tinggal siapkan tang. Lalu tang itu digunakan untuk menjepit keramik. Gunakan tenaga hingga keramik itu pecah. Menurut Ade, dengan cara ini, api di elektroda bisa jadi `fokus` lagi.

Meski demikian, patut digaris bawahi bahwa cara ini bersifat sementara, hanya berlaku untuk dua hingga tiga hari. "Selain itu, kalau dipecah itu, rpmnya juga harus terus tinggi kalau tidak mati lagi," tambahnya.

Sementara jika ingin mengganti busi baru, maka Ade menyarankan untuk menyiapkan uang beberapa puluh ribu. "Busi Vespa paling harganya Rp 15 ribu," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini