Solusi Otomotif: Lampu Motor Gampang Putus, Kiprok Rusak?

Oleh Gesit Prayogi pada 22 Okt 2016, 06:30 WIB
Diperbarui 22 Okt 2016, 06:30 WIB
Honda Beat Jadi Motor Injeksi Paling Laris
Perbesar
Honda BeAT series terjual sebanyak 185.817 unit sepanjang Februari 2016.
"Salam, otomotif Liputan6.com. Saya kebetulan pengguna Honda BeAT tahun 2010. Saat ini saya mengalami masalah karena lampu depan selalu putus. Terakhir diganti dengan lampu standar. Tapi nyala lampu terlalu terang dan langsung putus. Saya pikir itu karena masalah aki dan saya ganti. Tapi belum ada seminggu aki langsung tekor. kenapa bisa terjadi? apakah ada masalah di kelistrikan, soalnya teman saya menyarankan untuk mengganti kiprok?" -Wahyu-

Halo Bro Wahyu, saya coba menjawab keluhan Anda sebagai berikut:

Lampu depan yang selalu putus dan accu tekor, mengindikasikan adanya sistem kelistrikan pada pengisian yang perlu dilakukan pemeriksaan, di antaranya regtifier regulator (kiprok) dan alternator (spull).

Untuk alur kerja, sebelum arus listrik masuk ke lampu depan dan accu dari spull, arus listrik harus melewati kiprok terlebih dahulu. Di mana fungsi kiprok adalah sebagai pengubah arus AC (arus bolak balik) dari spull menjadi DC (arus searah) dan sebagai pengatur tegangan untuk masuk ke lampu depan maupun accu.

Apabila tegangan yang dikeluarkan oleh spull terlalu besar, maka fungsi kiprok adalah mereduksi/membatasi tegangan yang akan menuju ke lampu depan supaya tegangan tidak melebihi kapasitas tegangan lampu depan yang akan membuat filamen dari lampu putus.

Silahkan di lakukan pengecekan tegangan yang menuju lampu depan dengan menggunakan AVO meter, jika besar tegangan sesuai spesifikasi lampu, maka kiprok tidak ada masalah. Namun sebaliknya jika tegangan melebihi spesifikasi lampu berarti penyebab lampu putus bisa dipastikan dari kiprok karena tidak mampu membatasi tegangan yang masuk ke lampu.

Kemungkinan lain adalah kabel massa yang menuju ke kiprok terputus, mengakibatkan tegangan berlebih yang di terima lampu depan, sehingga tidak bisa di batasi atau tidak bisa dialirkan ke massa sehingga menyebabkan lampu depan putus.

Sedangkan untuk accu yang tekor dapat ditambahkan pemeriksaan tegangan pada spull, harus sesuai dengan spesifikasi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan dapat bermanfaat. Terima kasih.

Salam,

Venus Adha
==

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.