Sukses

Soal Girboks Kijang Innova Bermasalah, Pabrikan Turut Komentar

Masalah girboks tak hanya dikeluhkan pengguna all new Kijang Innova di dalam negeri, tapi juga di Filipina.

Liputan6.com, Jakarta - Redaksi otomotif Liputan6.com menerima laporan dari seorang pengguna all new Kijang Innova model 2016. Melalui surat elektronik, ia mengeluhkan MPV bertransmisi manual memiliki gejala sulit masuk ketika perpindahan gigi dari 1 ke 2 pada putaran 3.000 rpm.

Ia menulis "Terasa susah masuk seperti ada yang mangganjal dan disertai bunyi krek yang cukup keras. Sudah setel kopling dan ganti oli transmisi di bengkel resmi masih tetap ada penyakitnya."

Liputan6.com sebenarnya telah mengonfirmasi soal isu ini ke pihak PT Toyota Astra Motor (TAM), yang bertugas memasarkan all new Kijang Innova. Rouli Sijabat, PR Manager PT TAM, kala itu menampung seluruh keluhan dan langsung melakukan penyelidikan.

Sementara itu, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selaku `rahim` all new Kijang Innova melalui Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono tak bisa bicara detil soal langkah mereka untuk menjawab persoalan ini.

"Basic thingking kami adalah quality for our costumer jadi ada beberapa hal. Kami menempatkan itu berdasarkan improve development activity. Secara umum, Toyota akan terus berusaha dengan tangan terbuka untuk memperbaiki semua keluhan maupun feedback dari customer," kata dia saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (18/10) malam.

Saat ini, TMMIN memang tak bisa bergerak sendiri untuk menjawab keluhan ini. Mereka harus berkordinasi dengan TAM. "Nanti ada penjelasan yang lebih tepat lagi," imbuh dia.

Sebagaimana diketahui, masalah ini tak hanya dikeluhkan pengguna all new Kijang Innova di dalam negeri. Bahkan isu serupa juga terjadi di Filipina, yang unitnya diproduksi di Indonesia.

"Ya kami ekspor ke Asia. Paling besar Asia," ucap Warih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.